• Senin, 20 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Tiga Makna Tradisi Rasulan

Tiga Makna Tradisi Rasulan

Infogunungkidul, JAKARTA, Rabu Pon - Rasulan tidak perlu dipertenangkan dengan agama. Di dalamnya ada 3 makna yang perlu dicermati. Sekjen IKG, Sukardi SE, menuliskannya dalam artikel pendek sebagai berikut.

Upacara rasulan merupakan ungkapan  syukur petani kepada Sang Pencipta Allah SWT atas limpahan  panen selama setahun. Di Kabupaten Gunungkidul, umumnya dilaksanakan setelah panen raya atau setelah musim kemarau tiba.

Dengan bahasa lain, rasulan  dapat dimaknai sebagai  hubungan antara manusia dengan Sang Khalik, versi petani Jawa Gunungkidul.

Dalam melaksanakan rasulan, padukuhan atau  kelompok padukuhan, secara musyawarah menyepakati hari tertentu. Warga setempat  biasanya mengundang kerabat lain padukuhan.  

Dalam konteks ini rasulan bisa dimaknai sebagai upaya menyambung tali silaturahmi. Ini makna rasulan yang kedua.

Tak jarang, dalam rasulan   dipertunjukkan pula berbagai macam kesenian tradisional mulai dari reog, doger, kethoprak, wayang kulit, kirab budaya, gunungan, juga  kegiatan olahraga seperti bola volly dan sepakbola.

Prosesi inti upacara rasulan adalah  kenduri ingkung ayam kampung dan nasi uduk. Ini nilai ketiga. Dalam rasulan ada nuansa ibadah shodaqoh.

Kesimpulan saya, tak perlu  orang memperdebatkan tradisi rasulan dengan agama. Yang perlu digarisbawahi adalah makna  rasulan yaitu : 1. wujud syukur,  2. silaturahmi, serta sodaqoh. 

Semoga bermanfaat. Saya sebatas mengkompilasi dari berbagai sumber.

Penulis: Sukardi. SE (Sekjen  IKG)

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE