• Minggu, 15 Juli 2018
  • LOGIN
Cerita Rakyat: Gubuk Gede Menyimpan Misteri Tak Pernah Terungkap

Cerita Rakyat: Gubuk Gede Menyimpan Misteri Tak Pernah Terungkap

Infogunungkidul, GEDANGSARI, Minggu Paing – Kirab budaya dalam rangka rasulan Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari kompak diiktui 14 padukuhan. Luas area gubuk gede (GG) tak lebih dari 5.000 meter persegi. Di luar nalar, lapangan GG mampu menampung pedagang, penonton, dan peserta kirab yang jumlahnya ribuan.

Kepala Desa Ngalang, Kaderi, usai memimpin kirab budaya mengungkapkan rasa heran. Selama 4 tahun dia memimpin desa, fenomena ruang GG tersebut selalu berulang.

Desa Ngalang membawahi 14 padukuhan. Peserta pawai rata-rata 100 orang, diakumulasikan  perserta pasti 1.400 jiwa.

“Seluruh peserta masuk lokasi upacara, ditambah penonton plus pedagang, kok yo muat,” ujar Kaderi geleng kepala.

Sukimo (59) warga Padukuhan Sambeng menyambung, tanah kas yang digunakan untuk upacara tersebut berdasarkan cerita para sesepuh memang memiliki keistimewaan.

“Angker? Saya kira tidak. Hanya saja bagi warga yang memiliki kelebihan, bisa melihat bahwa tempat tersebut memancarkan aura tertentu,” kata Sukimo.

Lahan yang setiap tahun dipergunakan untuk upacara rasulan itu secara logika memiliki daya tampung terbatas, sedangkan pengunjung logikanya selalu bertambah karena adanya penambahan penduduk pada setiap tahunya, belum lagi pengunjung yang berasal dari luar daerah.

Misterinya, ujar Sukimo, ruang seluas setengah hektar itu mampu menampung pengunjung nyaris tanpa batas. Menurutnya tanah Gubuk Gede merupakan gejala alam yang susah dinalar.

Repoter: Maretha


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE