• Jumat, 14 Desember 2018
  • LOGIN
Bisnis Baru, Berburu Jingking di Pantai Baron

Bisnis Baru, Berburu Jingking di Pantai Baron

Infogunungkidul, TANJUNGSARI, Kamis Legi - Pantai Baron Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul tidak hanya  menyimpan keindahan alam tetapi juga kekayaan laut seperti ikan dan jingking. Sebagian warga  sekitar pantai berpeluang menjadi pengumpul jingking, yang omset  perbulan konon mencapai jutaan rupiah.

Wasiyo 50, warga Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari memaparkan, sebagai petani pengumpul jingking, dirinya bisa memperoleh hasil tidak kurang dari Rp. 4 juta setiap bulan.

"Harga jingking kering perkilo saat ini Rp 4.000,00. Tidak perlu susah mebuka pasar, ada yang ambil ke sini, katanya dikirim ke Tulungagung, Jawa Tengah" ujar Wasiyo, 20/7/17.

Dia bercerita, jingking kering merupakan  bahan baku campuran pakan ternak. Kandungan protein binatang kecil tersebut konon cukup tinggi.

Alat penangkap jingking sangat sederhana, berupa jaring berukuran kecil. Dia mengku, waktu paling tepat untuk menangkap jingking adalah pagi hari. 

"Begitu terkumpulkan, jingking dijemur di pasir pantai tanpa alas, sore hari diangkat lalu dimasukkan ke dalam karung," jelas Wasiyo.

Sayangnya, demikia Wasiyo menambahkan,  saat ini area pantai Baron sebagian besar digunakan untuk parkir kapal  nelayan. Hal ini mengakibatkan lahan penjemur jingking makin berkurang.

Reporter: Agus. SW


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE