• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
Terapkan Program Keselamatan, Gunungkidul Raih Penghargaan IRSA

Terapkan Program Keselamatan, Gunungkidul Raih Penghargaan IRSA

Infogunungkidul, WONOSARI, Jumat Pahing - Dinilai berhasil menerapkan program-program keselamatan berlalu lintas di jalan raya, Pemkab Gunungkidul sejak tahun 2016 meraih penghargaan dari Indonesia Road Safety Award (IRSA). IRSA diberikan terhadap kota/ kabupaten untuk memberi dukungan agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungannya.

Tahun 2017 ini, Tim Adira Insurance kembali melakukan penilaian yang dilaksanakan IRSA di Ruang Rapat IV Setda Kabupaten Gunungkidul dari Adira Insurance, Jumat 21/07/2017.

Farida Rahmaningsih, CSR (Consolate Social Rensponsibility) Associate Asuransi Adira Dinamika menyampikan bahwa penilaian IRSA mengacu pada lima pilar diantaranya saver management,  saver vehicle, saver road, saver user, saver pra dan pasca kecelakaan.

"Untuk Gunungkidul telah menjadi juara untuk dua penilaian yaitu  saver road, pra dan pasca kecelakaan," jelas Farida.

Lebih lanjut, Farida menjelaskan, juara yang diperoleh Gunungkidul kali ini masuk dalam kategori kabupaten dengan penduduk di bawah satu juta.

"Ini sudah cukup baik, dan perlu adanya peningkatan dalam kesadaran baik pengguna jalan maupun para pemangku kebijakan," ucapnya.

Menurut Farida, yang perlu dipertahankan di Gunungkidul yaitu perilaku para pengguna jalan yang sudah cukup baik. Diharapkan juga, dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai safety road di jalan raya.

Sementara itu, Drs. Kuncoro Budi Santoso, MTP, Kepala Bidang Angkutan Terminal, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa Dishub perlu mempunyai timbangan untuk mengukur muatan setiap angkutan. 

"Dengan adanya alat tersebut kita berharap bisa mengurangi pelanggaran para pengguna jalan dalam hal muatan," jelas Kuncoro.

Kuncoro menuturkan, pihaknya juga sudah mengusulkan hal ini kepada pemerintah namun sampai sekarang belum mendapat persetujuan lantaran keterbatasan anggaran.

"Kita dari Dishub juga selalu melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai safety road," pungkasnya.

Harapannya semoga kedepan Gunungkidul mampu memperoleh penghargaan yang mencakup di semua pilar dan kategori yang menjadi ketentuan penilaian IRSA. pungkasnya.

Reporter: Gaib Wisnu Prasetya


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE