• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Sapi Dibobol Perutnya Tetap Sehat, Bahkan Bisa Bunting

Sapi Dibobol Perutnya Tetap Sehat, Bahkan Bisa Bunting

Infogunungkidul, PLAYEN, Jumat Wage – Kepala Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BPPTK LIPI) Gunung Kidul, Hardi Julendra mengatakan, dua ekor sapi putih (sapi Jawa) efektif dijadikan media penelitian mikroba. Dua ekor sapi tersebut perut atas bagian kiri dibolong, dipasangi mikroskop, tetap sehat bahkan masih bisa bunting.

Mikroorganisme atau mikroba, menurut Pak Zul, sapaan akrab Hardi Juledra, adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan. Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik. Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) atau jugabersel banyak (multiseluler).

Penelitian yang dilakukan LIPI Gunungkidul digunakan untuk mengamati kualitas hijauan pakan ternak (HPT) yang dikonsumsi kedua sapi tersebut.

Ada asumsi, rumput liar bisa menghasilkan mikroba yang tidak sama dengan rumput kolonjono.

“Secara teknis ada mikroba yang jadi daging, ada yang jadi susu, ada pula yang jadi sel pembagun tubuh dan yang lain,” kata Zul, 27/7/17 di  depan anggota DPRD DIY, Slamet, S.Pd. MM.

Untuk mengamati mikroba tersebut tidak bisa lain, kecuali dengan cara mengebor atau membolong perut sapi.

“Kedua sapi yang kami jadikan percobaan tetap sehat, bahkan masih tetap bisa bunting,” tandasnya.

Menyangkut hasil penelitian, Zul mengatakan, masih dalam proses. Rencana, 7 Agustus mendatang anggota DPR RI Komisi IV yang membidangi pertanian, Titiek Soeharto, akan melihat dari dekat proses penelitian tersebut.

Agung Sedayu


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE