• Senin, 20 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Tampil All Out, Ngeposari Berharap Jadi Juara

Tampil All Out, Ngeposari Berharap Jadi Juara

Infogunungkidul,SEMANU, Rabu LegiRombongan rompi merah Tim Penilai Lomba Desa memasuki gapura selamat datang Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, 26/04/2017 pagi. Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul, Sujoko, S.Sos, M.Si langsung disambut meriah. Terlihat senyum manis dari semua perangkat desa yang mengenakan busana adat Jawa yang dipimpin oleh Kepala Desa, Ciptadi menyambut kedatangan tim penilai.

“Kami tidak mematok untuk menjadi juara tetapi antusias warga menunjukkan suatu keinginan untuk menjadi juara,” jelas Kepala Desa Ngeposari, Ciptadi, beberapa waktu sebelum lomba desa.

Penyambutan luar biasa terasa ketika rombongan memasuki kawasan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Padukuhan Kalangbangi Kulon. Bentuk antusias dan semangat warga terlihat dengan penuh sesaknya setiap sudut jalan menyambut kedatangan tim penilai. Ditempat ini dipertontonkan proses pengolahan bapia dan kue jenis lain yang dijelaskan dengan rinci. Potensi UMKM terlihat nyata apabila melihat kondisi perekonomian warga yang rata-rata telah sukses. Selain potensi UMKM, Padukuhan Kalangbangi Kulon terkenal akan produksi bio gas dari kotoran ternak. Dengan bio gas, warga tak perlu repot-repot ikutan antre membeli gas LPG ukuran 3 Kg. Kotoran ternak diubah menjadi bio gas untuk segala keperluan memasak warga.

Merangkak menuju Padukuhan Keblak yang menjadi sampel utama penilaian, ditempat ini dihadirkan berbagai macam hiburan.  Selain hiburan disajikan, Pasar Semuluh mendapat kesempatan dikunjungi. Pasar ini sudah bertahun-tahun diandalkan untuk menunjang perekonomian masyarakat. Berbagai bahan kebutuhan pokok tersedia, tidak hanya warga lokal yang merasa terbantu berkat keberadaannya.

Menariknya, di tengah suasana lomba terjadi kebakaran hebat. Teriakan minta tolong membuat warga menganggap kejadian tersebut nyata. Ternyata semua itu adalah simulasi yang memang sudah diskenario oleh panitia lomba desa Ngeposari.

Bentuk simulasi menjadi bukti kesigapan ketika terjadi bencana yang datangnya mendadak. Kegiatan pos ronda dan siskamling selalu diadakan setiap malam guna menjaga keamanan.

Tim penilai kemudian diajak bergerak menuju obyek wisata Embung Jlamprong yang menjadi andalan Desa Ngaposari. Tim penilai berkesempatan memberi makan berbagai jenis ikan yang ada. Diketahui sebelumnya, jenis ikan yang di tabur di Embung Jlamprong antara lain nila, bawal, lele, emas dan masih banyak lagi. Itu semua dilakukan guna meningkatkan kemajuan wisata kontribusi dari pokdarwis harus ditingkatkan kembali.

Tidak mau kalah, kerajinan ukir batu Padukuhan Gunungsari juga ikut unjuk gigi. Berbagai karya anak Ngeposari dipamerkan, seketika para tim penilai dipaksa untuk tidak berkedip dengan ukiran nan indah. Sementara proses produksi dan pemasaran juga dijelaskan dengan detail. Adanya kerajinan ukir batu mampu menekan angka pengangguran di daerah ini.

Padukuhan Ngepos merupakan rute terakhir yang dilewati, terdapat perikanan lele. Lebih meriah, balai padukuhan diadakan pameran segala macam potensi yang ada. Lagi, warga sekitar termanjakan matanya ketika menyaksikan. Dalam ilmu keagamaan, peran dari majelis Ta’lim yang ada berkaitan erat dengan hubungan baik kemasyarakatan. 

Hari ini ketika penilaian lomba desa, hampir segala penjuru desa diadakan banyak hiburan. Suka cita dan antusias warga sebelum dan setelah perlombaan masih akan terasa. “Ramai sekali hari ini, hampir disemua titik yang dilewati tim penilai ramai penuh sesak. Berbagai hiburan seperti reog, jatilan dihadirkan,” jelas, Sutini, warga setempat.

Kini dengan berakhirnya penilaian lomba desa, harapan akan menuai hasil terbaik untuk Desa Ngeposari. Dengan usaha maksimal, warga berharap mereka bisa menjadi yang terbaik di Kabupaten Gunungkidul dan bisa maju ke tingkat Provinsi DIY. Hermanto

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE