• Minggu, 15 Juli 2018
  • LOGIN
Meriahkan Kirab Budaya, Polisi Numpak Jaran

Meriahkan Kirab Budaya, Polisi Numpak Jaran

Infogunungkidul, NGLIPAR, Minggu Legi - Kirab budaya dalam rangka rasulan Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, terbilang cukup meriah dan kompak. Tidak mau ketinggalan anggota polisi Polsek Nglipar ikut andil bagian, dengan gagahnya naik kuda bergabung sebagai peserta kirab.

Setelah melakukan kirab budaya yang diikuti sekitar 2500 pesreta, acara dilanjutkan dengan kenduri di Balai Desa Katongan.
 
Hadir dalam acara, Camat Nglipar, anggota polisi Polsek Nglipar, kepala Desa beserta perangkatnya, warga yang hadir semua berbaur menikmati hidangan nasi uduk dan ayam ingkung yang telah didoakan.
"Kenduri ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka rasulan Desa Katongan," ujar Sutrisno, Kades Katongan.
Dikatakanya rasulan yang digelar menghabiskan dana Rp.60 juta, sebelum diadakan kirab budaya yang melibatkan 6 padukuhan, terlebih dulu acara diawali dengan dekeman atau semacam midodareni.
"Nanti malam dilanjutkan dengan pentas budaya, dengan mengadakan seni kethoprak, puncaknya tanggal 14 Agustus 2017 dengan menggelar wayang kulit dengan dalang Seno Nugroho dari Bantul," pungkasnya.
Ditempat yang sama, Camat Nglipar Witanto, mengatakan bahwa kirab dan pentas budaya merupakan bentuk pelestarian adat budaya jawa.
 
"Yang mana budaya itu perlu dilestarikan dan dikembangkan, khususnya budaya lokal," kata Witanto.
 
Ia menambahkan bahwa justru dengan budaya inilah yang bisa menyatukan warga masyarakat dengan tidak memandang suku, ras maupun agama.
 
"Saya berharap, budaya dan agama bisa disandingkan, berjalan beriringan dan tidak dibenturkan," pungkasnya.
 
Reporter: W. Joko Narendro


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE