• Minggu, 15 Juli 2018
  • LOGIN
Bunuh Diri: Membunuh Diri Sendiri

Bunuh Diri: Membunuh Diri Sendiri

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis KliwonBunuh diri suicide (bahasa Inggris ), berasal dari bahasa Latin suicidium, dari sui caedere, "membunuh diri sendiri" adalah sebuah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian diri sendiri.

Bunuh diri seringkali dilakukan karena putus asa, yang penyebabnya seringkali dikaitkan dengan gangguan jiwa misalnya depresigangguan bipolarskizofrenia, ketergantungan alcohol, atau penyalahgunaan obat .

Faktor-faktor penyebab stres antara lain kesulitan keuangan atau masalah dalam hubungan interpersonal.

Upaya untuk mencegah bunuh diri antara lain adalah dengan pembatasan akses terhadap senjata, atau alat peralatan yang dapat menjadi penyebab hilangnya  nyawa.

Di Gunungkidul yang perlu diupayakan dengan sebaik baiknya adalah bagaimana kita meningkatkan ekonomi rakyat yang seadil adilnya sesuai amanat Undang Undang Dasar 1945. Tidak bisa Dipungkiri bahwa tingkat kesulitan dan himpitan ekonomi adalah faktor utama pemicu bunuh diri selain juga faktor-faktor lainnya.

Cara yang paling sering digunakan untuk bunuh diri di berbagai negara  antara lain: gantung diriminum racun serangga, dan senjata api.

Gantung diri menduduki peringkat teratas dunia, paling sering dilakukan  orang untuk mengakhiri hidup.

Setiap tahun, sekitar 800.000 hingga satu juta orang meninggal karena bunuh diri. Bunuh diri menduduki posisi ke-10 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia sumber: id.wikipedia.org/wiki/Bunuh_diri

Bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul  memang cukup fenomenal. Ini harus menjadi perhatian, baik individu, keluargga, maupun kelompok masyarakat. Mengatasi kasus seperti ini tidak bisa dibebankan kepada pemerintah saja apalagi hanya segelintir orang yang tergabung di dalam anggota satgas. Sebagai contoh satgas berani hidup, nama satgasnya memang BERANI HIDUP, namun pelaku bunuh diri tetap juga BERANI MATI.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh pemerintah melalui satgas, tentunya tidak bisa lepas peran serta semua pihak dan semua lapisan masyarakat sebagai contoh:

1.    Satgas harus segera membentuk sentral atau semacam rumah rehabilitasi .

Artinya rumah tersebut nantinya akan menampung orang-orang yang terindikasi/ rentan melakukan bunuh diri.

2.    Bersama sama masyarakat melakukan pendataan orang yang terindikasi/ rentan bunuh diri untuk segera dan secepatnya melapor ke pos penampungan atau ke satgas jika perlu layanan oline 24 jam

3.    Lakukan upaya rehabilitasai

4.    Bagi yang sudah bisa dikembalikan ke pihak keluargga lakukan pendampingan.

5.    Jika perlu ciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka, sesuai bidang dan kondisi masing-masing.

6.    Barikan modal baik mental maupun materi.

Demikian beberapa langkah nyata yang dapat dilakukaun, memang semua itu tidak akan lepas dari modal yang tidak sedikit. Namun demikian jika semua elemen masyarakat dan pemerintah bertekad pasti akan lebih mudah dijalankan.

Saat ini banyak berdiri bermacam macam rumah layanan seperti rumah aspirasi, rumah budaya, rumah informasi pariwiasata, dan yang lainnya. Namun sayang tidak ada yang berani mendirikan RUMAH BERANI HIDUP untuk  YANG BERANI MATI.

Bunuh diri tidak dapat  diperkirakan/ diprediksi kapan, di mana, dan dengan apa seseorang akan menghilangkan nyawa sendiri.  

Untuk kesempatan berikutnya kita dapat bahas bersama sama peluang serta sumber dana yang dimungkinkan dapat medukung program, sehingga ada langkah kongkrit untuk menghadapi PAGEBLUK GANTUNG DIRI yang saat ini melanda masyarakat Gunungkidul. 

Penulis: MugiHardjono


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE