• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Terbagi 2 Kloter, Gunungkidul Berangkatkan 372 Jamaah Haji

Terbagi 2 Kloter, Gunungkidul Berangkatkan 372 Jamaah Haji

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis Kliwon - Labbaik Allahumma Labaik, Labaik Laa Syarika Laka Labaik berkumandang dari halaman Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari, Kamis pagi, 03/08. Tak kurang dari 354 jamaah haji asal Kabupaten Gunungkidul diberangkatkan menuju Embarkasi Adi Sumarmo, Solo. Rombongan calon tamu Allah ini bakal berangkat ke tanah suci dan terbagi menjadi 2 Kloter (Kelompok Terbang), 23 SOC dan 31 SOC.

Menurut Irwan Triyanto, Pengolah Data Haji Kemenag Gunungkidul, total jamaah haji dari Bumi Handayani sebenarnya 372 orang. Namun yang diberangkatkan hari ini hanyalah 354 orang yang masuk di kloter 23 SOC. Pemberangkatan jamaah haji ini dilepaskan langsung oleh Bupati Gunungkidul, Hj Badigah S.Sos dan Wakil Bupati Immawan Wahyudi.

“Sisanya yang 18 orang masuk di kloter 31 SOC dan berangkat bersama jamaah haji asal Kabupaten Kulon Progo besok pagi,” jelasnya.

Dari 372 jamaah, lanjut Irwan, tercatat 6 orang menderita sakit dan tetap diberangkatkan dengan kursi roda. Sementara itu, dari data yang dimiliki Kemenag Gunungkidul, jamaah haji termuda adalah Hamei Rista Wandaning 18, warga Padukuhan Trimulyo I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari. Dan jamaah haji tertua adalah Adi Mulyono Ngatiran dengan usia 89 tahun asal Padukuhan Dengok III, Desa Dengok, Kecamatan Playen.

“Kebanyakan yang berangkat tahun ini PNS yakni 142 orang, namun ada juga petani, pedagang, pensiunan PNS hingga mahasiswa/pelajar,” urainya.

Irwan berharap, dari seluruh jamaah haji asal Gunungkidul bisa menjalankan ibadah dengan khusyu di tanah suci. Dapat menjalani seluruh rangkaian ibadah haji hingga kembali ke tanah air dalam keadaan sehat tak kurang suatu apa. 

Reporter: Gaib Wisnu Prasetya


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE