• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Kube Minta Gas Melon, Ide Baru dan Cerdas

Kube Minta Gas Melon, Ide Baru dan Cerdas

Infogunungkidul, GEDANGSARI, Minggu Pon – Bantuan yang diberikan kepada kelompok usaha bersama (Kube), sebagian madeg tanpa bekas. Agak berbeda dengan Kube Sejahtera XVII, padukuhan Wareng, Desa Ngalang Gedangsari.

“Kube dibantu tenda dan kursi, sebenarnya tidak masalah. Yang disayangkan, pengembangan sewa menyewa tenda tidak seperti halnya yang dilakukan oleh pengusaha profesional,” ujar Rubiyanti (37) Bendahara Kube Sejahtera XVII, (6/8).

Bertolak dari fakta lapangan, Kube Sejahtera XVII tidak minta tenda dan kursi, tetapi mengajukan program menjadi agen melon (gas elpiji).

Rubiyanti yakin, dengan membuka agen gas, usaha kelompoknya tidak akan hilang begitu saja.

“Anggota Kube Sejahtera XVII, selain pengguna gas berperan pula sebaga pemasar. Kemungkinan usaha itu bangkrut atau hilang adalah kecil," tandasnya.

Pendamping sosial program kube Wilayah Gedangsari dan Tepus, Darmawan Ansori, mengapresiasi pemikiran kelompok Kube Sejahtera XVII.

Berdasarkan pengalaman, kube yang menerima bantuan tenda, hewan ternak atau usaha hasil bumi, banyak yang beku.

“Usaha menjadi agen gas melon ini ide baru yang cerdas. Pemerintah, sewaktu-waktu bisa melakukan kontrol,” kata Darmawan.

Darmawan menambahkan, kube yang ia dampingi ada sebanyak 20 kelompok. Proposal yang diajukan  tahun 2015  lalu akan segera turun. Masing-masing kelompok telah membuka rekening serta telah dilatih oleh Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul.

Reporter: W. Joko Narendro


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE