• Selasa, 17 Juli 2018
  • LOGIN
Udik-Udik Disebar di Depan Balai Desa

Udik-Udik Disebar di Depan Balai Desa

Infogunungkidul, WNOSARI, Senin Wage – Menyebar udik-udik adalah tradisi kraton yang dimaknai sebagai kemurahan raja kepada kawulo (rakyat). Pada rasulan Desa Kepek, Kecamatan Wonosari udik-udik dilakukan dalam arti yang jauh berbeda.

 

Dihimpun dari berbagai sumber, nyebar Udik-Udik (uang receh bercampur kembang dan beras) merupakan bentuk hadiah raja kepada rakyatnya.

 

Sebagaimana ditulis solopost.com tradisi udik-udik menjadi awal berlangsungnya perayaan Sekaten, dilanjutkan  upacara miyos Gongso atau dikeluarkannya dua gamelan keraton Kanjeng Kyai Gunturmadu dan Kanjeng Kyai Nogowilogo.

 

Kepala Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Bambang Setiawan Budi Santoso menyebar udik-udik, tidak bermaksud menyamai atau meniru tradisi kraton. Dia memetik makna filosofi, sesuai dengan perkembangan jaman.

 

“Sebagai pemimpin, saya diberi kewenangan menghimpun kekuatan swadaya masyarakat dalam bentuk apa pun. Udik-udik adalah lambang kembalinya swadaya. Dari rakyat kembali ke rakyat,” ujar Bambang Setiawan Budi Santoso, pada peneriamaan kirab Gunungan, (5/8).   

 

Secara simbolis, uang receh, beras dan kembang itu diserahkan oleh salah satu dukuh dalam cething (bakul kecil). Begitu diterima, langsung dikembalikan ke masyarakat dengan cara disebar.

 

Swadaya, tutur Bambang Setiawan, asalnya dari rakyat. Dengan alasan apa pun, Pemerintah Desa tidak layak menyimpan berlama-lama.

 

Agung Sedayu


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE