• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Panen Cabe Merah, Berkah Sungai Kerdon

Panen Cabe Merah, Berkah Sungai Kerdon

Infogunungkidul, KARANGMOJO, Senin Wage – Wilayah Gunungkidul, terutama kawasan batu kapur, di musim kemarau terkenal kering. Air permukaan tanah jarang ditemukan, kecuali tempat-tampat terntentu. Petani Dusun Kerdon, Desa Jatiayu terbilang beruntung karena di musim kering masih bisa berbcocok tanam.

 

Berkeliling ke 144 desa di Gunungkidul mirip dengan membaca Kering, novel karya Iwan Simatupang. Kekurangan air terjadi diberbagai tempat.

“Untuk keperluan pertanian, air tersedia hanya di musim basah. Anugrah besar bahwa  Padukuhan Kerdon, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo terlimpahi kemurahan,” kata Sugiyono, kades Jatiayu, (7/8).    

Di wilayah ini menurutnya masih tersimpan sedikit sumber air yang bisa dimanfatkan petani. Padukuhan Kerdon terdapat sumber air sepanjang tahun. Sungai  Kerdon pada musim kemarau bisa mengairi lahan pertanian, meski cakupannya tidak seberapa luas.

“Kelompok tani di padukuhan ini rutin memanfaatkan Sungai Kerdon untuk keperluan budidaya cabe merah,” imbuh Sugiyono.

Agung, Wastilah, Suprapto, Subandi, Mamik dan Sutarto rutin memanfaatkan Sungai Kerdon  di samping untuk budidaya cabe merah juga untuk  sayuran.

“Luas cabe merah tidak seberapa, hanya kurang lebih 2 hektar, atau  40.000 batang,” timpal Subandi. 

Harga cabe merah  Agustus 2017 menurut Subandi, sekitar Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00 perkilogram. Panen tahun ini, kata dia, cukup untuk menambah pendapatan petani.

Agung Sedayu


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE