• Minggu, 22 Juli 2018
  • LOGIN
Fenomena Gerhana Bulan Parsial Malam Ini

Fenomena Gerhana Bulan Parsial Malam Ini

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin Wage - Selain Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus nanti, rupanya ada satu lagi hari spesial pada bulan Agustus. Pada 8 Agustus malam ini, fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia, yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian.

Dilansir dari laman BMKG, gerhana ini bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia pada 8 Agustus 2017.

Bagi masyarakat yang bermukim di wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, gerhana bisa disaksikan mulai pukul 00.23 hingga 02.18 WIB. Sementara bagi yang tinggal di zona waktu bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, gerhana diperkirakan akan dapat terlihat pada pukul 01.23 hingga 03.18 Wita. Lalu, bagi masyarakat yang bermukim di kawasan paling timur Indonesia seperti Papua dan Maluku, kejadian langka ini dapat terliahat mulai pukul 02.23 hingga 04.18 WIT.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin seperti dikutip beberapa media nasional mengatakan, gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan.

"Saat itulah purnama memasuki bayangan Bumi," kata Thomas.

Dia menambahkan, sebenarnya gerhana Bulan terjadi setiap tahun. Namun, tidak semua wilayah di dunia bisa menyaksikan fenomena ini.

"Itu tergantung waktu kejadiannya," sebut Thomas.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa melihat fenomena ini?

Dilansir dari infoastronomy, peristiwa gerhana bulan parsial ini cukup aman jika dilihat dengan mata telanjang tanpa perlu alat bantu seperti binokuler atau teleskop.

Syaratnya, tentu saja langit yang cerah saat terjadi gerhana.

Sekadar informasi, gerhana bulan merupakan persitiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga tak semuanya sampai ke bulan.

Selain Indonesia, gerhana bulan sebagian ini juga bisa dinikmati di sebagian besar Afrika, Eropa, seluruh Asia, Australia, dan negara-negara di Oceania. 

Gaib Wisnu Prasetya


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE