• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Seribu Merah Putih Berkibar di Lembah Ngingrong

Seribu Merah Putih Berkibar di Lembah Ngingrong

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis Pahing - Dalam rangka peringatan HUT RI ke-72, seribu bendera merah putih berkibar di Geosite Goa Ngingrong yang berada di lembah Padukuhan Mulo, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari. Hari ini, Kamis, 10/08 pengibaran bendera tersebut resmi diselenggarakan Gunungsewu UNESCO Global Geopark dalam rangka mendukung Indonesia Kerja Bersama Mendukung Pariwisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Saryanto ST, peluncuran pertama bendera dari atas flying fox dan dilanjutkan pengibaran sang saka merah putih di seluruh lembah Ngingrong.

“Kegiatan ini adalah promosi wisata Kabupaten Gunungkidul dengan memanfaatkan potensi wilayah goa dan geopark untuk meningkatkan kesejahteraan dengan program pariwisata. Maka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72  adalah momentum untuk kita bekerja. Program awal kita kibarkan 1000 bendera tetapi akhirnya kita bisa mengibarkan1.516 bendera merah putih,” katanya.

Kepala Geologi Kementerian ESDM RI Dr.Muhamad Wahid MA mengungkapkan bahwa Gunung Sewu Global Geopark UNESCO telah ditetapkan dan harus dikelola sebaik-baiknya.

“Hal ini sebagai contoh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pariwisata. Disisi lain, pemerintah dapat menempatkan warisan geologi untuk kesejahteraan masyarakat sesuai prosedur dan aturan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu Hanang Samudra, Ketua Komisi Komite Geopak Asia Pasifik menyampaikan bahwa saat ini Geopark Gunungsewu telah di kenal di seluruh dunia.

“Karst Gunungsewu sebagai warisan Geologi UNESCO diakui secara internasional sejak tahun 2015. Kita harus bangga dan bersyukur atas Pemberian karunia Allah SWT atas bentang alam Geopark Gunungsewu ini,” paparnya.

Bupati Gunungkidul Hj.Badingah S.Sos dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar ke depan Bumi Handayani menjadi tempat tujuan wisata yang maju.

“Tentunya kita wajib bersyukur dalam promosi wisata alam dan pengibaran 1000 bendera merah-putih dalam peringatan HUT RI ke 72. Semua ini kenikmatan yang telah di berikan Allah SWT. Semoga  ke depan Gunungkidul menjadi tempat tujuan wisata yang maju serta berbudaya, dan mampu menjaga kelestarian sepanjang masa dan pendapatan daerah meningkat dari sektor pariwisata. Jika itu tercapai, maka tentunya ini akan menjadi wisata unggulan di DIY dan Indonesia,” harap Badingah.

Seusai acara ceremonial selesai, dilanjutkan pengibaran bendera oleh para pejabat di area Lembah Geopark Goa Ngingrong. 

Gaib Wisnu Prasetya 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE