• Senin, 20 November 2017
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM D919C28D/ DAEC06F2/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Berita Terbaru
Banyak Kecoa dan Tikus Dirumah ? Basmi Dengan Bahan Alami Ini

Banyak Kecoa dan Tikus Dirumah ? Basmi Dengan Bahan Alami Ini

Infogunungkidul,WONOSARI, Senin Legi–Hama di rumah terdiri dari rupa-rupa binatang. Antara lain kecoa, nyamuk, tikus, lalat, semut. Mana yang paling mengganggu ? Tentu tak ada pengecualian mengingat semuanya berdampak buruk pada kesehatan kita sekeluarga.

Yang menjadi masalah, tak semudah itu membasmi hama-hama tersebut. Mereka dengan mudah ditemui di sudut rumah, dapur, kamar mandi, kolong tempat tidur, bahkan dalam almari dan banyak lagi tempat tersembunyi lainnya.

Kecoa misalnya, karena mudah beradaptasi, maka hewan ini termasuk sulit diusir di satu tempat saja. Jika cairan serangga saja tak cukup untuk membasminya, maka perlu solusi lebih cerdas ketimbang sekedar mengandalkan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan anggota keluarga.

Kecoa adalah hama yang bisa hidup tanpa makan apapun hingga 40 hari lamanya, namun kecoa hanya bisa bertahan satu Minggu tanpa air. Karena hal itulah kecoa banyak ditemukan di tempat lembab seperti di area sekitar cuci piring maupun di penampungan air.

Kecoa bisa menularkan bibit penyakit yang berasal dari tempat kotor yang menempel pada bagian tungkainya. Adapun penyakit yang ditularkan oleh kecoa antara lain kolera, disentri, diare, typhus perut dan sejumlah penyakit lainnya yang berhubungan dengan sanitasi lingkungan yang buruk.

Untuk mengusirnya, kita bisa mencoba menggunakan bahan alami berikut:

Daun Salam

Daun yang sebenarnya merupakan bumbu dapur ini begitu mudah didapat di pasar dan harganya murah. Tapi, baunya ternyata tidak disukai kecoa. Cara penggunaannya, cukup taruh daun salam di tempat-tempat yang banyak terdapat kecoa. Kecoa akan dengan sendirinya pergi karena ia tidak suka mencium bau daun salam baik dalam keadaan basah maupun kering. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan daun salam yang sudah kering lalu tumbuk hingga jadi bubuk.

Bentuk bubuk akan mengeluarkan bau yang lebih menyengat sehingga kecoa pun tak mau mampir lagi ke tempat-tempat yang dibubuhi bubuk daun salam tersebut.

Merica

Haluskan lada putih atau merica butir, taruh dalam kain kasa, ikat dengan karet gelang. Buatlah beberapa buah untuk diletakkkan ditempat yang sering menjadi sarang atau sering dilalui kecoa. Bau yang ditimbulkan akan membuat kecoa merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan rumah. Kita juga dapat menghaluskan merica bubuk dan dicampur dengan air sampai menjadi pasta. Lalu dioleskan di tempat-tempat yang banyak terdapat kecoa.

Mentimun

Potongan mentimun yang dimasukkan ke dalam kaleng aluminium kosong juga dapat menciptakan bau yang dapat membunuh kecoa.

Baking Soda dan Gula

Selain itu, campuran baking soda dan gula yang diletakkan dalam mangkuk dan taburkan di dekat daerah yang dilalui kecoa juga bisa membuat kecoa mati.

Bunga Melati

Selain sebagai bahan minyak wangi, bunga melati bisa kita manfaat untuk mengusir kecoa. Iris kecil-kecil bunga melati lalu letakkan di tempat kecoa berada. Aroma harum yang muncul dari bunga melati ternyata memberikan efek berbeda bagi kecoa. Hal ini akan membuat mereka tidak nyaman lalu kabur.

Kapur Barus

Bukan cuma mengharumkan lemari dan kamar mandi, kapur barus ternyata juga punya manfaat untuk mengusir kecoa. Letakkan kapur barus di daerah tempat dimana kecoa biasa berkumpul. Bau segarnya akan mengusir kecoa.

Sabun Batang

Anda potong kecil-kecil sabun batang, masukkan ke dalam mangkok berisi air. Aduk sampai bercampur dengan air. Selanjutnya letakkan di daerah yang lembab tempat biasanya kecoa bersarang.

Bisa juga manfaatkan Kulit Telur.

Tak banyak yang tahu kulit telur dapat bermanfaat bagi kecantikan maupun kebutuhan rumah tangga lainnya. Untuk mengusir hama, biarkan kulit telur mengering, lalu tumbuh hingga menjadi bubuk. Taburkan segera pada sudut-sudut hama bersarang di dalam maupun bagian luar rumah. Jenis hama yang bisa diatasi dengan bubuk kulit telur antara lain siput, keong, mollusca, kutu, dan kumbang. Mereka akan langsung menggeliat dan mati dengan segera.

Cara Mengusir Lalat

Lalat adalah salah satu hewan yang mempunyai peran besar sebagai perantara bermacam penyakit-penyakit berbahaya. Penyakit yang bisa ditularkan lalat antara lain demam berdarah, malaria, demam kucing, diare, disentri, ensefalitis, typus serta penyakit menular berbahaya lainnya.

Cara kerja lalat menyebarkan bermacam penyakit adalah dengan menyebarkan mikroorganisme penyebab penyakit dengan cara membawanya pada bagian bulu-bulu yang ada di kaki mereka. Sewaktu lalat menggesek-gesekkan kakinya, maka mikroorganisme serta kotoran lainnya akan berjatuhan dan menempel di sejumlah tempat, termasuk pada makanan dan minuman.

Adapun cara mengusir lalat ini adalah dengan menggunakan daun pandan ataupun bunga lavender. Daun tersebut mempunyai wangi yang tidak digemari oleh lalat ataupun nyamuk. Untuk caranya, cukup iris tipis beberapa helai daun tersebut, kemudian tempatkan di dalam satu wadah. Setelah itu, letakkanlah di sudut-sudut dapur dan lalat pun tak akan mendekati.

Minyak Serai Anti Nyamuk. Minyak serai jika diteteskan pada air yang digunakan untuk mengepel lantai dapat mengusir nyamuk di rumah. Caranya, campur 10 tetes minyak serai dalam 1 liter air, lalu pel lantai rumah dengan seksama. Aroma minyak serai yang menempel di lantai akan membuat nyamuk enggan mendekat dalam radius tertentu. Lakukan secara rutin maka rumah akan bebas nyamuk.

Cara Alami Basmi Tikus

Siapa yang tak mengenali tikus, hampir semua rumah dipastikan terdapat binatang pengerat yang satu ini. Geram sekali rasanya apabila mereka mencari makanan serta membuat kerusakan. Pada umumnya pemilik rumah akan melakukan tindakan apabila kerusakan serta gangguan yang diakibatkan oleh si tikus kian parah.

Beberapa penyakit berbahaya pun bisa disebabkan karena tikus. Baik itu berdampak ringan bahkan hingga yang menyebabkan kematian. Maka dari itu kita mesti mengusirnya.

Memelihara Jangkrik.

Mengusir tikus di rumah bisa dilakukan dengan cara memelihara hewan jangkrik, hewan ini terbukti ampuh mengusir tikus namun jangan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, sebaiknya peliharalah jangkrik dengan suara tak nyaring serta jangkrik aduan. Suara yang dikeluarkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tak menyukai area yang ramai serta kebisingan. Taruhlah hewan jangkrik di area yang kerap di lalui atau di datangi tikus.

Daun mint

Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan daun mint. Daun ini tidak hanya memiliki segudang manfaat terhadap kesehatan tubuh saja, namun daun mint ini menjadi salah satu tanaman pengusir tikus, sebab tikus amat tidak menyukai aroma daun mint.

Belilah 1 atau 2 ikat daun mint, setelah itu ambilah sarinya serta larutkan ke dalam air. Apabila sudah larut semprotkanlah larutan tersebut ke area yang sering didatangi ataupun dilalui tikus. Sehingga tikus akan menghindari tempat yang diberi larutan mint tersebut, sangat disarankan untuk menanam pohon mint pada pot di sekitar rumah sebab lebih hemat.

Menggunakan Kapur Barus.

Tikus sangat tidak menggemari bau-bauan harum yang sangat menyengat semisal kapur barus. Dari hal tersebut kita bisa memanfaatkannya sebagai cara menangkal tikus tersebut yaitu dengan cara menggunakan kapur barus. Caranya sangat mudah hanya dengan menaruh kapur barus di tempat yang kerap dilalui ataupun didatangi tikus. Dengan demikian hewan menjengkelkan tersebut akan merasa terganggu serta akan memilih pindah. Kapur barus pengusir tikus ini bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Soda Pop (Bom Soda).

Sebuah studi menuturkan bahwa tikus tak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang berada di dalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda bisa dijadikan bahan untuk mengusir tikus.

Cara membasmi tikus dengan soda pop ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menaruh ataupun mencampurkan baking soda ke makanan yang digemari tikus. Bayangkan, apabila makanan yang telah diberi baking soda dimakan oleh tikus, serta tak bisa mengeluarkan sejumlah gas yang berasal dari reaksi cairan soda dengan asam. Perutnya akan kembung.

Pelihara Kucing

Cara membasmi tikus rumah selanjutnya yaitu dengan memelihara kucing. Tentunya kita semua sudah tahun bahwa musuh dari tikus ialah kucing seperti pada kartun Tom And Jerry. Dengan memelihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggal anda akan bebas dari tikus. Hanya mendengar suara kucing saja, tikus-tikus akan lari ketakutan. Peliharalah kucing, entah itu kucing jantan ataupun kucing betina, sebab tikus akan ketakutan untuk memasuki rumah apabila di dalam rumah tersebut terdapat kucing di mana bisa saja kucing tersebut memangsanya.

Menggunakan Kulit Durian.

Buah ini sangat digemari, sebab tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, buah ini pun bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus curut. Bagian buah durian yang dapat dipergunakan untuk membasmi tikus ialah bagian kulitnya. Potonglah kulit buah durian dan taruhlah di daerah yang kerap dilalui tikus. Duri tajam serta aromanya yang menyengat akan mengusir tikus.

Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian.

Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan cara mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air. Taruhlah hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut mesti selalu siap di tangan Anda, ketika tikus muncul, maka semprotkanlah dengan cairan tersebut. Maka tikus akan merasa panas. Berhati-hatilah dalam memakai serta menyimpan cairan tersebut sebab sangat berbahaya terlebih jika mengenai mata.

Menggunakan Buah Mengkudu.

Apabila mempunyai buah mengkudu, maka anda bisa menggunakannya untuk mengusir tikus. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurkannya dengan air kemudian di siramkan ke daerah yang kerap dilewati tikus. Cara seperti ini sangatlah cocok untuk diterapkan dalam mengusir tikus di sawah ataupun di gudang. Demikianlah beberapa tips ini, semoga bermanfaat. dikutip dari banyak sumber. Daru Punjul Santoso

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE 

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari

Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. Dapatkan Kalender Cantik......segera & terbatas!!! Ayo ke Ahass 693....Program guru servis lengkap discount 50% dengan membawa copy kartu guru berlaku mulai tgl 21 November s.d 5 Desember. Bengkel Ahass tunggal tidak buka cabang di Wonosari!!!

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy.

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE