• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Ribuan Warga Tumpah Ruah di Lapangan Tri Wanasakti

Ribuan Warga Tumpah Ruah di Lapangan Tri Wanasakti

Infogunungkidul, SEMANU, Sabtu Legi-Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru tumpah ruah di lapangan Tri Wanasakti Kecamatan Semanu. Kirab budaya digelar panitia HUT Kemerdekaan RI ke 72 Kecamatan Semanu. Lima desa yang ambil bagian dalam kirab tersebut unjuk kebolehan dengan menampilkan berbagai kemampuan seni dan budaya.

Ratusan potensi seni budaya dari 5 desa unjuk gigi, mulai dari drum band, reog, jathilan, wayang kulit, thek thek hingga gejok lesung semua tampil. Pesertanya dari kelompok masyarakat, instansi maupun seni budaya hingga siswa sekolah. Lapangan yang luasnya hektaran itu penuh sesak peserta kirab masih ditambah ribuan penonton yang menyemut disepanjang jalan yang dilewati rombongan.

"Kirab budaya memang ini menjadi ikon even tahunan di Kecamatan Semanu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72," jelas Camat Semanu, Huntoro Purbo Wargono, SH, Sabtu siang, (19/08).

Lebih lanjut Huntoro menjelaskan, gelar Kirab Budaya 2017 ini melibatkan tak kurang 5000 peserta dari berbagai elemen lapisan masyarakat. Tujuannya selain untuk menggali potensi seni budaya yang ada di Kecamatan Semanu juga memamerkan berbagai potensi usaha warga Semanu. Mulai dari hasil pertanian, kerajinan, home industri semua ambil bagian menyemarakkan kirab budaya.

"Anggaran untuk pelaksanaan ini dibudgetkan dari APBDes masing-masing desa," lanjutnya.

Huntoro berharap, dengan kirab budaya yang dilaksanakan setiap tahun sekali ini akan menambah semangat warga dalam mengolah potensi seni dan budaya yang ada.

"Kirab Budaya salah satu tujuannya dalam rangka mendukung program Pemkab Gunungkidul dalam memajukan pariwisata yang berbudaya," pungkasnya.

Kirab Budaya  yang mengambil rute start Lapangan Tri Wanasakti ini sangat panjang, lantaran peserta harus berkeliling melewati pusat-pusat keramaian dan akan finish di kantor Kecamatan Semanu. Lalu lintas menuju Desa Candirejo dan sepanjang jalan yang dilewati kirab praktis terganggu. 

Reporter: W. Joko Narendro.


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE