• Rabu, 12 Desember 2018
  • LOGIN
Pasar Wiyoko Digadang Menjadi Sentra Hasil Bumi

Pasar Wiyoko Digadang Menjadi Sentra Hasil Bumi

Infogunungkidul, PLAYEN, Minggu Pahing-Pasar Wiyoko, Desa Plembutan, Kecamatan Playen salah satu sentra ekonomi masyarakat desa mendapat perhatian serius dari Pemerintah Desa (Pemdes). Melalui anggaran Dana Desa (DD) Pemdes Plembutan merintis Pasar Wiyoko menjadi pusat perekonomian petani.

Kepala Seksi Kesesjahtraan Rakyat (Kasi Kesra) Desa Plembutan, 
Suwardiyono menyampaikan, Pasar Wiyoko dengan lokasinya yang sangat strategis diyakini mampu menjadi pusat perekonomian masyarakat. Untuk itu maka perlu di garap dan di kelola dengan sungguh-sungguh.
"Untuk saat ini Pasar Wiyoko aktif hanya saat hari pasaran Legi, namun kedepan tidak menutup kemungkinan bisa setiap hari," ungkapnya.
Lebih lanjut dia menambahkan jalur sepanjang Playen, Plembutan hingga Paliyan merupakan jalur pariwisata sehingga keberadaan Pasar Wiyoko dapat menjadi sumber penghidupan masyarakat, apabila nanti telah aktif setiap hari.
"Kita berharap nantinya hasil pertanian bisa di jual belikan di Pasar Wiyoko, para petani selama ini hanya pasrah akan nilai harga yang ditentukan pembeli dengan tersentral di sini semoga bisa mendongkrak nilai jual hasil pertanian terlebih apabila para wisatawan berkenan hadir dan membeli hasil pertanian bumi Gunungkidul," tambahnya.
Pelaksanaan pembangunan Pasar Wiyoko saat ini menurut Suwardiyono telah di anggarkan sebesar Rp 278.352.285 dari DD, ditambah swadaya masyarakat senilai Rp 3.735.000. Pekerjaan yang telah diselesaikan diantaranya saluran drainase, plat beton penutup drainase, kantor pasar, 3 unit kios baru, pengerasan area pasar hewan, talud serta gorong-gorong.
 
Sementara itu Kepala Desa Plembutan Edi Supriyanti, S.Pd menjelaskan, program DD diharapkan dapat menyentuh langsung kebutuhan dan kepentingan masyarakat.
"Semua program pembangunan yang dilaksanakan sesuai hasil musyawarah dan rencana pembangunan," jelasnya.
Dengan terbangunya pasar Wiyoko, Pemerintah Desa berharap dapat mempercepat pembangunan wilayah pedesaan.
 
Reporter: Agus SW


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE