• Rabu, 24 Oktober 2018
  • LOGIN
Taman Technologi Pinggir Laut Disia-Siakan

Taman Technologi Pinggir Laut Disia-Siakan

Infogunungkidul, TANJUNGSARI, Jumat Pahing – Slamet, S.Pd. MM, bersama Drs. Eddy Sukirman, Ketua Umum Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) klintong-klintong (jalan-jalan), singgah di Baron Technopark (taman technologi - TT), yang letaknya di sebelah barat pantai Baron. TP ini manfaatnya cukup besar, sayangnnya sampai saat ini masih disia-siakan.

“Tidak ada missi khusus, sebatas membuktikan,  saya dengar Baron Technopark dirancang sebagai wisata pendidikan. Dan kabarnya peran itu kurang optimal,” ujar Eddy Sukirman di beranda bangunan utama TT, (24/8).

Dalam situasi tidak resmi, selama kurang lebih 45 menit, Ketua Umum IKG berbincang dengan Ridwan, Kepala Sub Bidang Pengelolan Technopark Energi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dijelaskan sepintas, BPPT merupakan lembaga pemerintah non-departemen yang berada di bawah koordinasi Kementerian Negara Riset dan Teknologi. BPPT melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

“Peran penerapan technologi itulah yang hingga hari ini kurang optimal,” ujar Ridwan menjawab pertanyaan Eddy Sukirman.

Dengan kata lain, demikian Ridwan menambahkan, Pemda Gunungkidul belum memanfaatkan pruduk maupun fasilitas yang dimiliki Baron Technopark (BT).

Ridwan menyebut salah satu produk, BT dengan satu unit mesin mampu mendestilasi (menyuling) air laut menjadi air tawar siap minum.

“Kapasitas terpasang, mesin seharga Rp 200.000.000 setiap hari mampu memproduksi 10.000 liter air minum,” papar Ridwan.

Mencermarti keterangan Ridwan, Slamet, S.Pd. MM, anggota DPRD DIY menyayangkan, bahwa Pemda Gunungkidul tidak ambil peluang.

“Air minum pruduk BT, mestinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan rapat internal Pemda, baik dalam format galon maupun kemasan,” timpal Slamet.

Pemda Gunungkidul, menurut Slamet, difasiitasi Pemerintah Pusat dengan technologi tepat guna, sementara responsibilitasnya relatif rendah.

Agung Sedayu


BACA JUGA