• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
UKM Berbasis Konvensional Didorong ke Award Pangan

UKM Berbasis Konvensional Didorong ke Award Pangan

Infogunungkidul, WONOSARI, Minggu Wage – Kementerian Perdagangan RI tahun 2017 kembali menyelenggarakan UKM Pangan Award. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul (25/8) tatap muka dengan Ridwan, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Technopark Energi BPPT. Peran yang harus dimainkan Ridwan adalah pendampingan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) produsen pangan berbasis konvensional.

 

Kerangka besar Baron Technopark, demikian Ridwan memaparkan, adalah technologi terbarukan. Sementara menurut pengamatan dia, Gunungkidul belum mempunyai UKM yang berbasis energi terbarukan.

 

“Jadi, UKM yang kami dampingi adalah UKM konvensional yang rata-rata belum memiliki sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan,” tuturnya, (27/8).

 

Ridwan menambahkan,  untuk mengikuti lomba UKM Pangan Award, PIRT menjadi salah satu syarat utama.

Pendaftaran terakhir secara online, sesuai pengumuman adalah 8 September 2017. Dalam waktu terbatas, institusi Baron Technopark harus bekerja ekstra keras mencari UKM yang memenuhi kriteria yang ditentukan Kementerian Perdagangan.

Dijelaskan secara rinci, yang berminat mengikuti UKM Pangan Award terbagi dalam dua kategori, pertama umum, yang kedua khusus.

UKM kategori umum meliputi produk bumbu, olahan cepat saji, minuman kemasan, serta produk makanan ringan/ camilan.

Untuk UKM kategori kusus menyangkut produk pangan unggulan khas daerah, inovasi pangan baru, serta inovasi produk olahan buah tropis.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bidang Perdagangan Sih Supriyana, SE mengatakan, dalam lomba UKM Pangan Award 2017, peserta memperololeh trophy, uang pembinaan serta pameran dalam negeri gratis.

Sebanyak 20 pemenang, jelas Sih Supriyana, bakal menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan. Selebihnya, dalam lomba kali ini, biaya akomodasi ditanggung panitia.

Agung Sedayu


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE