• Rabu, 17 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Ketika Hutang Budi Berbalas Bodi

Ketika Hutang Budi Berbalas Bodi


Infogunungkidul, Ono-Ono Wae (OOW) adalah rubrik khas, disajikan dengan gaya berbeda, unik, nyleneh dan kocak. Dikutip dari berbagai sumber. Tokoh dalam cerita bukan nama sebenarnya.

Pecahnya pembuluh darah tak hanya menyebabkan stroke, ternyata bisa juga bikin pecah rumahtangga. Tak percaya, simak nasib rumahtangga Joni, 45, ini. Gara-gara dia tak mampu “menjalankan tugas” setelah terkena stroke, Mulyani, 35, istrinya nekad selingkuh dengan Surya, 45, pria tetangga. Rumahtangganya pun terancam bubar.

Stroke adalah penyakit mematikan. Saat penyakit itu datang menghantam, pembuluh darah ke otak bisa pecah. Jika tak langsung wassalam, penderita bisa mati sebelah; mulut mencong, tangan kanan lumpuh. Banyak pejabat mati karier gara-gara stroke. Dalam sejarah pemerintahan Indonesia, hanya Gus Durlah bekas terkena stroke malah bisa jadi Presiden!

Joni adalah seorang presiden rumahtangga yang juga mati karier gara-gara menjadi korban stroke. Dulu dia pekerja yang sukses di perusahaan swasta, secara ekonomi juga cukup mapan. Tapi entah harta miliknya diperoleh secara tidak halal atau bagaimana, mendadak dia terkena stroke; klepeg, klepeg….keoook ! Setahun lebih dia hanya terkapar di ranjang, sehingga dengan terpaksa Jodi di PHK dari perusahaan tempatnya bekerja.

Secara ekonomi, rumahtangga warga Gunungkidul ini seketika menjadi morat-marit karenanya. Mulyani masih bisa berusaha menegakkan kendil di dapur, dengan bekerja apa saja. Kasarnya, untuk urusan perut, tidaklah sampai terlantar, karena keluarga suami dan keluarganya sendiri secara rutin juga memberikan bantuan ekonomi.

Tapi untuk urusan yang di bawah perut, inilah yang kacau balau. Sebagai keluarga muda yang masih enerjik dalam daya dan tenaga, Mulyani masih membutuhkan kehangatan seorang lelaki. Sebab kalau tidak, lama-lama yang di bawah perut bisa kembali buntet tuh. Tapi gara-gara stroke tersebut, sudah bertahun-tahun Jendul si Joni “non aktif” dari kewajibannya yang signifikan tersebut. Boro-boro “melayani” istri di ranjang, sedangkan melayani diri sendiri saja tak mampu. Gara-gara penyakit ini, orang lain jadi pengamat politik, Joni hanya jadi pengamat plafon atau langit-langit rumah sambil ngeces liurnya.

Saat Joni dalam kondisi demikian, hadirlah Surya lelaki tetangga yang jadi dewa penolong. Tapi dewa yang bernama Surya ini memang mirip Betara Surya dalam dunia perwayangan. Dia menolong karena ada maunya, ada udang di balik batunya. Dia mau bantu Mulani dalam bentuk uang, karena mengharapkan imbalan “goyang”. Lebih-lebih setan yang selalu ngojok-ojoki (membujuk) untuk berbuat hil-hil yang mustahal.

“Lihat tuh Mulyani, Bleh. Kan kuning mulus macam timun suri, asyik buat seger-seger…..” bujuk Sang Setan dan Surya manggut-manggut mengiyakan.

Akhirnya, setelah beberapa lama melakukan pengamatan mendalam, Surya paham betul kalau keuangan Mulyani sedang super tipis alias bokek. Segera saja berlembar-lembar Soekarno Hatta dikibarkan dimuka Mulyani agar terpikat.

“Wis to Dik, sebagai tetangga kan harus tolong menolong. Terimalah, aku ikhlas kok,” kata Surya sambil menyelipkan segepok uang itu ke genggaman tangan Mulyani.

Awalnya Mulyani tidak tahu, dikiranya itu sumbangan tulus, sehingga diterima dengan senang hati dan ucapan syukur. Nggak tahunya, kecuali berbuka puasa di mesjid, di mana-mana memang tak ada makan malam yang gratis. Setelah hubungannya dengan Mulyani semakin akrab, ternyata Surya minta imbalan, macam Betara Surya minta kehormatan Dewi Kunti.

Mulyani yang sudah bertahun-tahun “non aktif”, akhirnya terlena juga. Apa boleh buat, budi Surya terpaksa dibalas dengan bodi Mulyani. Secara diam-diam, di tempat tertentu pula, Mulyani – Surya acapkali oncek-oncekan hingga bugil dilanjutkan banting-bantingan dan melakukan hubungan intim bak suami istri.

Perselingkuhan Mulyani – Surya nyaris rapi jali. Tapi, lama-lama Darsini 40, istri Surya mencium skandal kelabu ini. Saat disesak Surya berkilah hanya membantu keluarga Joni yang sedang terkena musibah stroke.

“Enak saja “bantu” orang lain,  wong dirinya sendiri masih kekurangan. Kayak pemerintah saja, bantu IMF segala, sedangkan utang sendiri masih banyak,” keluh Darsini.

Maka bini Surya segera mengadu pada famili Joni, agar temuan ini ditindak lanjuti. Sudah barang tentu famili Joni juga tidak terima, sehingga aksi mesum Mulyani – Surya diintip dan kemudian digerebek, dan disidang keluarga. Dalam pemeriksaan Mulyani mengakui, terpaksa selingkuh karena kesepian sejak suami menderita stroke.

“Aku masih muda, sedang kami juga masih perlu banyak bantuan. Kalau bukan dia lantas siapa lagi,” ujar Mulyani mencari pembenaran.

Bantu sih bantu, tapi cukup materil, jangan sampai onderdil. 

Gaib Wisnu Prasetya

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE