• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Latih Generasi Tertib, 7 Tonti Beradu Kompak dan Disiplin

Latih Generasi Tertib, 7 Tonti Beradu Kompak dan Disiplin

Infogunungkidul, WONOSARI, Sabtu Pahing--Dalam rangka menghindarkan siswa dari pengaruh negatif Sat Lantas Polres Gunungkidul menggelar lomba PKS (Patroli Keamanan Sekolah) antar SMP di Mapolres. 7 peleton inti dari berbagai SMP beradu kekompakan dan kedisiplinan dalam baris berbaris, Sabtu (09/09). Pemenang dari lomba PKS ini kemungkinan akan mewakili Polres Gunungkidul diajang perlombaan sejenis yang diadakan Polda DIY.

“PKS selama ini menjadi materi ekstra kurikuler di SMP. Maka dengan diselenggarakannya lomba ini, kita bertujuan menangkal generasi muda penerus estafet perjuangan bangsa ini dari aneka pengaruh negatif,” ungkap AKP Mega Tetuko, S.IK.

7 SMP favorit di Gunungkidul yang menjadi peserta lomba PKS ini adalah SMPN 1 Wonosari, SMPN 2 Wonosari, SMPN 3 Wonosari, SMPN 4 Wonosari, SMPN 1 Nglipar, SMPN 1 Semanu yang mengirimkan 2 peleton putra dan putri.

Setiap tonti yang terdiri dari 35 siswa diwajibkan menunjukkan ketrampilan, kekompakan dan kedisiplinan dalam baris berbaris di hadapan polisi. Selain itu juga anggota tonti dinilai pengetahuan dan ketrampilan dasar terkait lalu lintas.

“Dalam kegiatan ini para siswa dilatih untuk bersikap disiplin dan kompak. Dan ini penyaringan untuk mencari yang terbaik, karena tidak menutup kemungkinan akan dilombakan tingkat Polda DIY,” lanjutnya.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul ini berharap, pada tahun-tahun mendatang kegiatan sejenis dapat terus terselenggara dengan peserta yang semakin banyak. Sebab dari ekstra kurikuler PKS ini diharapkan muncul generasi-generasi muda yang disiplin, terampil dan tangguh serta jauh dari dampak negatif pergaulan bebas. 

Gaib Wisnu Prasetya


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE