• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Manasik Haji Upaya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Manasik Haji Upaya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Infogunungkidul, WONOSARI, Jumat Kliwon--Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa sekaligus mendidik karakter anak sejak dini, siswa TK, SD, hingga SMP Islam Terpadu Tunas Mulia tanpa terkecuali wajib mengikuti latihan manasik haji. Hal ini secara rutin dilaksanakan Tunas Mulia setiap tahun, dan pada Rabu, (20/09) kemarin diselenggarakan di Lapangan Desa Piyaman.

Dikatakan Reni Khasana, S. Pd, Si, Kepala SDIT Tunas Mulia, tujuan diadakannya manasik haji ini adalah penguatan Aqidah Akhlak siswa sekaligus praktikum fiqih haji yang telah diajarkan guru.

"Semuanya ada 675 siswa sejak TK hingga SMP, semua mengikuti. Tujuannya untuk memperkenalkan anak pada pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun -rukunnya," jelasnya.

Dalam manasik ini, sambung Reni, ketika siswa diberikan kesempatan manasik haji, anak akan merasa senang mengikutinya dan memiliki gambaran kelak akan menjadi calon haji betulan. Anak juga bisa mempraktekkan rukun dan syarat haji sesuai dengan teori yang sudah diajarkan dikelas.

"Rangkaian wukuf di Arafah yang sekarang dilaksanakan. Mulai dari Wukuf lempar Jumrah Aqobah, Thawaf Ifadah, Sa 'i hingga lempar Jumrah Arba,in semua dilakukan siswa lengkap dengan doa yang harus dibaca dalam setiap rangkaian haji," ulas Reni.

Lebih lanjut dikatakan Eni Triana Yuliana, S.Pd, Kepala SMPIT Tunas Mulia, manasik haji sangat penting untuk memperkuat pendidikan karakter siswa. Untuk itu di Tunas Mulia agenda seperti ini selalu dilakukan, bahkan wajib hukumnya setiap siswa memiliki pakaian ihram untuk latihan manasik haji ini.

"Karena setiap tahun dilaksanakan, maka semua wajib memiliki pakaian ihram itu. Dan saya yakin ini efektif untuk membangun karakter siswa sekaligus menangkal pengaruh buruk pada generasi muda," katanya.

Gaib Wisnu Prasetya


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE