• Minggu, 22 Juli 2018
  • LOGIN
Mantan Kades Kepek Dilantik Jadi Pj Kades Dadapayu

Mantan Kades Kepek Dilantik Jadi Pj Kades Dadapayu

Infogunungkidul, SEMANU, Jumat Kliwon--Polemik berkepanjangan Desa Dadapayu Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul menghantarkan Sudiyono, S.IP, M.AP, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Semanu dilantik menjadi Penjabat (Pj) Kepala Desa Dadapayu, Jumat siang (22/09).

Acara pelantikan sangat sederhana dan diliputi suasana tegang, berbeda dengan pelantikan pejabat pada umumnya yang penuh suka cita. Protokoler pembawa acara pun sempat grogi kala membacakan SK Pelantikan. Dengan suara bergetar hingga terjadi kesalahan kecil, seharusnya berbunyi Kecamatan Semanu di baca Kecamatan Dadapayu.

Hadir dalam acara pelantikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPM) Kabupaten Gunungkidul, Sujoko, S.Sos. M.Si, Camat Semanu Huntoro Purbo Wargono, SH, jajaran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Dadapayu dan seluruh Kades se-wilayah Semanu dan puluhan tamu undangan lainnya.

Sudiyono secara resmi dilantik menjadi Pj Kades Dadapayu berdasar Surat Keputusan (SK) Bupati Gunungkidul nomor 141/09/Pj/KPTS/2017 tertanggal 22 September 2017.

Camat Semanu Huntoro Purbo Wargono seusai melantik dalam sambutannya menyatakan bahwa peristiwa ini yang pertama dan semoga yang terakhir terjadi di Kecamatan Semanu serta diharapkan bisa menjadi pembelajaran untuk semuanya.

"Saya tidak akan mengucapkan selamat atas pelantikan siang ini, yang pasti ini malah akan menambah beban Pak Sudiyono karena pekerjaan berat telah menanti di Desa Dadapayu," ungkap Huntoro.

Lebih lanjut dia menyampaikan, apa yang dilakukan dirinya melantik Pj Kades Dadapayu adalah bukan kehendak pribadi namun sebagai kepanjangan tangan Bupati Gunungkidul yang telah menetapkan pemberhentian Rukamto selaku Kades Dadapayu secara tetap.

"Selambatnya 15 hari setelah pelantikan ini Pj Kades Dadapayu beserta BPD harus segera membentuk panitia pemilihan Kades Dadapayu sehingga selambat-lambatnya tanggal 22 Maret 2017 harus sudah menggelar pemilihan kepala desa Dadapayu definitif," tambahnya.

Sementara itu Kepala DP3AKBPM Gunungkidul Sujoko menyatakan, keputusan yang ada saat ini adalah keputusan yang terbaik. Pemkab Gunungkidul dalam mengambil sikap untuk menyelesaikan persoalan Desa Dadapayu sangatlah berhati-hati.

"Saya semalam sampai tidak bisa tidur memikirkan pelantikan ini, meskipun dalam suasana tegang akhirnya semua dapat berjalan lancar," ungkapnya.

Sujoko menilai Sudiyono nantinya pasti mampu mengemban amanah sebagai Pj Desa Dadapayu karena rekam jejaknya sudah pernah menjabat kepala desa di Desa Kepek Kecamatan Saptosari. Reporter:

Agus SW


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE