• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
South Mountain Resort Tanpa IMB, DPMT Layangkan Dua Kali SP

South Mountain Resort Tanpa IMB, DPMT Layangkan Dua Kali SP

Infogunungkidul, TEPUS, Kamis Pon--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMT) Kabupaten Gunungkidul mendesak pembangunan hotel atau resort South Mountain di Pantai Seruni, Desa Tepus,Kecamatan Tepus dihentikan. Investor resort South Mountain yakni  PT Gunung Samudra Tirtomas diminta untuk menghentikan, jika perizinan yang ada belum selesai diurus.

Irawan Jatmiko, Kepala DPMPT Gunungkidul, mengatakan, investor yang membangun South Mountain Resort di Pantai Seruni diminta segera mengurus perizinan pembangunan terlebih dahulu. Pasalnya hingga kini, pihak investor masih belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemkab Gunungkidul.

"Mereka baru punya izin lokasi dan prinsip, tetapi IMB belum. Maka kami meminta agar perizinan dapat dibereskan terlebih dahulu. Pembangunan dihentikan jika perizinan masih belum lengkap," ujarnya.

Untuk mengurus IMB sambung Irawan,  mestinya investor harus mengurus izin lingkungan terlebih dahulu sebelum membangun resort. Keseluruhan izin tersebut harus dapat dipenuhi baru dapat membangun.

Saat ini investor tetap nekat membangun meski IMB belum turun. Padahal lokasi pembangunan berada di kawasan pantai yang memerlukan kajian lingkungan terkait analisis masalah dampak lingkungan.

"Izin lingkungan dibutuhkan untuk membangun di lokasi tersebut, setelah izin keluar, investor harus mematuhi apa yang disyaratkan. Semisal hanya boleh membangun dua lantai, dan lain sebagainya," ujarnya.

Selain itu Irawan meminta agar akses jalan menuju Pantai Seruni tidak ditutup oleh investor, karena kawasan Pantai Seruni juga termasuk ruang publik yang bebas diakses masyarakat.

"Meskipun lahan tersebut milik mereka, namun menutup ruang publik tidak dapat dibenarkan. karena pantai juga adalah ruang publik, tidak boleh serta merta menutup seperti itu. Maka tak hanya saya, Pak Sekda pun (red Ir Drajad Ruswandono) meminta dihentikan dahulu," ujarnya.

Jika IMB sudah terbit, kemudian pembangunan resort South Mountain selesai tidak serta merta beroperasi, karena harus mengurus izin operasional pengelolaan wisata terlebih dahulu.

"Saat ini investor sudah dua kali kita beri surat peringatan. Jika tetap tidak diindahkan juga, maka kita akan menggandeng penegak hukum untuk menghentikan paksa resort di Pantai Seruni tersebut," pungkasnya.

Posisi resort South Mountain Pantai Seruni memang strategis, hanya berjarak lebih kurang 3 kilometer dari Pantai Pok Tunggal. Dan sayangnya, dalam membangun resort tersebut investor seolah menutup jalan akses masuk menuju Pantai Seruni. Jadi siapapun yang hendak berwisata ke Pantai Seruni mau tak mau harus melewati pintu gerbang South Mountain Resort. Gaib Wisnu Prasetya


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE