• Senin, 16 Juli 2018
  • LOGIN
JOKOWI BLUSUKAN KE 74 RIBU DESA

JOKOWI BLUSUKAN KE 74 RIBU DESA

Infogunungkidul, Jumat Wage-Sejak duduk di kursi Gubernur DKI, Jokowi aktif blusukan ke mana-mana. Menjadi Presiden RI ke 7 kebiasaan blusukan tidak berhenti. Blusukan ke 74 ribu desa di seluruh Indonesia pun dia lakukan. Dia bilang, dana desa sebesar 120 trilyun pasti mengangkat kesejahteraan warga.

Dia bercerita, dana desa harus diputar di internal desa, tidak boleh keluar. Dengan begitu, dipastikan dana desa yang akan mengangkat kesejahteraan warga.

“Silakan dipakai untuk membangun infrastruktur silakan,” ujar Jokowi (4/10) seperti dilansir Seskab.

Dia memberi contoh, untuk membangun embung, 100 persen bahan harus berasal dari desa yang bersangkutan. Tenaga kerja 100 persen harus warga desa.

Tidak terpikir oleh Jokowi elemen batu dan pasir, untuk Kabupaten seperti Gunungkidul tidak mungkin dicukupi oleh desa yang bersangkutan.

Itu artinya duit yang sumbernya dari dana desa pasti berputar, alias keluar dari desa yang bersangkutan. Termasuk semen, mana ada desa di Gunungkidul bisa mencukupi semen sendiri.

Terlihat, bahwa teori mensejahterakan warga dari dana desa yang digunakan untuk membangun infrastruktur tidak sepenuhnya benar.

Tetapi harus diakui memang, bahwa semenjak dia berkuasa kucuran dana desa terus meningkat. Awal Rp 20 trilyun, Rp 40 trilyun, tahun 2017 Rp 60 trilyun.

Menurutnya, dari 74 ribu desa yang menerima dana desa, tahun 2017 ada kurang lebih 900 desa bermasalah. Kepala desanya ditangkap, karena menyelewengkan dana desa.

Penulis: Bambang Wahyu Widayadi

Tulisan di atas adalah opini. Oleh sebab itu penanggungjawab isi keseluruhan bukan pada Redaksi, melainkan pada penulis.


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE