• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Warga Beli Tanah Pengacara Minta Tutup Hutang

Warga Beli Tanah Pengacara Minta Tutup Hutang

Infogunungkidul, PATUK, Minggu Pon – Kuasa hukum KSP Kopdit Marsudi Mulyo, Sri Purwatiningsih meminta agar Yohanes Fajar Hariyanto, warga RT 29/07, Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, serta Adit, warga Nglanggeran menutup pinjaman atas nama Ramelan yang mandek selama 12 tahun. Mereka berdua kaget karena tidak merasa ada urusan utang-piutang.

Fajar dan Adit mengakui, bahwa 2007 silam memang membeli sebidang tanah milik Ramelan warga RT 29/07, Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk. Namun demikian mereka tidak tahu kalau sertifikat tanah dijadikan agunan di KSP Kopdit Marsudi Mulyo.

Hingga 13/10/17, pinjaman Ramelan menurut penuturan versi Sri Purwatiningsih sebesar Rp 25.000.000,00.

“Supaya tanah yang dibeli mendiang ibu saya selamat, saya dan Adit disarankan menutup pinjaman Ramelan,” tutur Fajar (15/10).

Yohanes Fajar Hariyanto menolak mentah saran yang diajukan Kuasa Hukum KSP Kopdit Marsudi Mulyo. Alasannya, yang berurusan dengan koperasi atau meminjam uang bukan dia.

“Kalau mau diajukan ke pengadilan silakan, urusan saya dengan Ramelan, bukan dengan KSP Kopdit Marsudi Mulyo” kata Fajar.

Dikonfirmasi, Sri Purwatiningsih menyatakan, bahwa pihaknya selaku kuasa hukum berusaha mengambil jalan tengah. Alsannya, tanah yang dibeli Fajar serta Adit merupakan tanggungan hutang.

“Saya tahu itu tidak masuk akal. Saya hanya membantu menyelamatkan,” ujar Purwatiningsih.

Berdasarkan penuturan Fajar, kasus tersebut dalam waktu dekat segera dibawa ke meja hijau, didaftarkan sebagai sengketa perdata.   

Dihubungi terpisah, Ramelan menyatakan pasrah. Tetapi selebihnya dia mengatakan mandeknya pinjaman karena ada janji bantuan dari pemerintah yang diusulkan Komunitas UMKM atas pinjaman macet karena gempa 2006. Dia berusaha mengejar janji yang dimaksud.

Reporter: Agung Sedayu


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE