• Minggu, 15 Juli 2018
  • LOGIN
Wisata Langit Ditemukan di Gunungkidul

Wisata Langit Ditemukan di Gunungkidul

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin wage-Di Gunungkidul ada walang jenis baru. Bukan kategori kuliner, namun cukup menakjubkan . Penemu walang yang satu ini adalah Yudhiakto Pramudya, Ph.D dosen pada Pendidikan Fisika pada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Usai melaksanakan Star Party Astrocamp atau perkemahan astronomi pesta bintang di Baron Techno Park (BTP) BPPT, Jumat-Sabtu tanggal 13 - 14 Oktober 2017 silam, dia mejelaskan bahwa Walang, adalah akronim dari Wisata Langit.

Wisata Langit, menurut Yudhiakto tak kalah menarik dibandingkan wisata pantai, goa dan Gunung. Dengan 7 teleskop dan peralatan observasi astronomi lainnya, pesertaastrocamp menikmati gugusan bintang di langit lepas. Semakin larut, semakin banyak benda langit yang menarik untuk dilihat.

“Terlebih langit Gunung Kidul khususnya Baron Techno Park masih bagus. Tingkat polusi cahayanya rendah,” ujar Yudhiaktoko (16/10).

Menurut dia, Kondisi langit seperti ini susah didapat oleh warga yang berada di kota besar. Wisata Langit Gunungkidul menjadi salah satu jenis wisata  unik dan menarik. Wisata edukasi yang menawarkan sensasi keindahan langit malam. Meskipun cuaca saat itu sedikit mendung, namun sejumlah bintang terlihat dominan.

“Achernar, bintang terang di rasi bintang Eridanus terletak sejauh 139 tahun cahaya dari tata surya, bersinar di langit barat,” tunjuk Yudhi.

Gugusan bintang Pleaides atau lintang Kartika yang dikenal sebagai bintang tujuh di rasi bintang Taurus, lanjut Yudhi, menjadi daya tarik tersendiri di langit Timur.

Peserta Astrocamp tidak hanya memperoleh kesempatan mengamati bintang dengan menggunakan teleskop. Mereka  juga berdiskusi tentang teleskop, apps astronomi, alam semesta dan pentingnya menjaga lingkungan terutama untuk mengurangi polusi cahaya.

Bulan sabit tua, Nebula Orion tempat rahimnya bintang-bintang dan sejumlah meteor menjadi obyek langit penutup Astrocamp di Baron Techno Park malam itu.

Menyaksikan keindahan langit malam di Baron Techno Park  semakin melengkapi fasilitas yang telah ada dan membuat wisata edukasi semakin menarik.

Pesta Walang  terselenggara di Baron Techno Park, difasilitasi Ridwan Budi Prasetyo ST M.Eng selaku Kasubbid Pengelolan Teknopark Energi BPPT.

Reporter: Agung Sedayu


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE