• Kamis, 15 November 2018
  • LOGIN
55 Ekor Ayam Dipersembahkan Dalam Pembukaan Cupu Panjala

55 Ekor Ayam Dipersembahkan Dalam Pembukaan Cupu Panjala

Infogunungkidul, PANGGANG, Selasa Kliwon--Ritual pembukaan Cupu Kiai Panjala atau yang sering dikenal Panjolo digelar di rumah Dwijo Winarto,  Padukuhan Mendak,  Desa Girisekar,  Kecamatan Panggang. 55 ekor ayam dipersembahkan untuk dibuat ingkung bagi pengunjung.

Menurut Dwijo Sumarto, keturunan ketujuh Kyai Panjala si pemilik tiga guci mengatakan, ke 55 ayam yang dibuat ingkung tersebut berasal dari para pengunjung yang telah terkabul hajad doanya pada tahun yang lampau. 
"Ingkung itu nanti dibagikan untuk kembul dahar semua pengunjung yang datang malam ini, " ungkapnya. 
Lembar demi lembar kain kafan yang tengah malam nanti dibuka berisi gambaran dalam kain tersebut dipercaya menjadi perlambang kehidupan selama satu tahun ke depan.
"Namun ya boleh percaya boleh tidak, saya tidak boleh mengatakan, nanti saja setelah berjalan dan ada kejadian bisa dikaitkan," tuturnya.
Sebelum dilakukan upacara ritual dilakukan dulu kenduri bersama. Pengunjung yang bisa masuk rumah Dwijo Winarto mendapatkan satu piring nasi uduk dengan lauk srundeng (parutan kelapa yang digoreng) serta entho-entho.
 
Namun perlu di ingat, para pengujung tidak boleh makan satu piring sendirin. Melainkan harus makan bersama, satu piring berdua atau lebih. Banyak yang warga yang mempercayai apabila nekat makan sendirian, maka hidupnya tidak akan mendapatkan kebahagian. Tidak akan ditemui dalam pembukaan Cupu Kiai Panjala ini, seseorang yang makan satu piring sendirian. 
 
Kontributor: Huri  Ananda


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE