• Kamis, 15 November 2018
  • LOGIN
Bukaan Cupu Panjolo Diawali Kenduri Agung Dan Doa Keselamatan

Bukaan Cupu Panjolo Diawali Kenduri Agung Dan Doa Keselamatan

Infogunungkidul, PANGGANG, Selasa Kliwon--Setelah menanti sekian jam ribuan pengunjung yang memadati kediaman Dwijo Sumarto akhirnya bisa menyaksikan secara langsung prosesi pembukaan Cupu Panjolo. Ritual adat budaya yang telah berlangsung turun temurun tersebut diawali dengan kenduri agung dan pembacaan doa keselamatan.

Tepat pukul 01.42 wib dengan dipimpin langsung oleh juru kunci Cupu Panjolo, Dwijo Sumarto dan di dampingi para abdi dalem Keraton Ngayogjokarto Hadi Ningrat lembar demi lembar kain pembungkus Cupu Panjolo dibuka satu persatu. 
 
Selama prosesi pembukaan cupu, para pengunjung yang berkesempatan masuk di aula pendopo diberikan larangan keras agar bagi kaum pria berhenti sejenak tidak merokok di dalam ruangan, serta bagi kaum wanita hanya diperbolehkan melihat prosesi pembukaan cupu dari luar ruangan pendopo utama. 
"Murih rancak soho pajaring suasono keparengo sedoyo poro tamu mangestoni dawuh ingkang sampun dipun biwarakaken pambowo acoro," demikian yang disampaikan pembawa acara dengan bahasa Jawa kromo inggil sesaat sebelum Cupu Panjolo mulai di buka.
Antusias para pengunjung yang begitu tinggi tidak mengindahkan betapa penuh sesak suasana di aula pendopo tempat berlangsungnya pembukaan cupu. 
 
Para pengunjung rela berjubel duduk bersila dengan sangat rapat. Bahkan untuk para pengunjung yang berada diluar aula pendopo rela duduk beralaskan seadanya dengan kondisi tanah yang becek karena terguyur hujan. 
 
Meskipun sempat turun hujan saat pembukaan Cupu Panjolo pada pukul 02.35 wib, hal itu tidak menyurutkan semangat para pengunjung yang hadir. 
 
Sekitar pukul 03.00 dini hari prosesi ritual budaya adat pembukaan Cupu Panjolo berakhir. 
 
Reporter: Agus SW
 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE