• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
Gelombang Laut Kidul Dipantau dari UGM

Gelombang Laut Kidul Dipantau dari UGM

Infogunungkidul, SAPTOSARI, Selasa Kliwon - Pantai Indrayanti, yang memiliki nama asli Pulang Sawal bakal dipasang peralatan moderen. Inisiator Pemasangan CCTV adalah Universitas Gajah Mada (UGM) bekerjasama dengan Baron Techno Park (BTP).

Kasubbid Pengelolan Teknopark Energi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ridwan Budi Prasetyo ST M.Eng mengatakan,  persiapan pemasangan kamera cctv dimulai sejak Senin kemarin.

“Kamera pengintai dipasang sebagai sarana live stream (siaran langsung) guna memantau pergerakan gelombang,” ujar Ridwan (17/10).

Pantai Indrayanti dipilih, demikian Ridwan memaparkan,  karena memenuhi tiga alasan utama. Pertama, keamanan alat terjaga, kedua, selalu padat wisatawan, ketiga banyak hal menarik yang bisa diamati.

Menurut Ridwan, pemasangan kamera cctv tersebut di samping bermanfaat guna keperluan penelitian juga untuk mendukung keselamatan pengunjung.

“Besar kecilnya gelombang laut terpantau oleh stasiun pengintai yang bermarkas di UGM,” tandasnya.

Ridwan juga menjelaskan kegiatan ini merupakan pilot project Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang pertama di Gunungkidul.

BPPT merupakan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang  melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

Kabarnya, Orgasisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Kelautan serta Dinas Pariwisata, terkait pilot project  ini juga dijawil.

Reporter: Agung Sedayu 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE