• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Tingkatkan Kualitas Tenaga Konstruksi, PIPBPJK DIY Fasilitasi Lomba Pekerja Konstruksi

Tingkatkan Kualitas Tenaga Konstruksi, PIPBPJK DIY Fasilitasi Lomba Pekerja Konstruksi

Infogunungkidul, YOGYAKARTA, Rabu Legi-Tingginya kebutuhan akan sarana dan prasarana lingkungan permukiman yang andal dan layak berbanding terbalik dengan ketersediaan SDM yang memadai di sektor konstruksi. Tenaga (atau tukang) terampil, sebagai personil yang berperan cukup strategis dalam sektor konstruksi dan sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan infrastruktur fisik, jumlahnya masih sangat sedikit. Kuantitas dan kualitas para tenaga terampil ini perlu senantiasa didorong dan dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur yang selalu bertambah.


Konsep penyelenggaraan kompetisi bagi para tenaga terampil dipandang merupakan salah satu cara yang tepat untuk dapat memacu perkembangan kualitas keterampilannya. Oleh karena itu, sebagai upaya pembinaan tenaga konstruksi terampil, Pemerintah Daerah DIY, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas PUP dan ESDM) DIY, melalui Balai Pengujian, Informasi Permukiman dan Bangunan Dan Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PIPBPJK) memfasilitasi rangkaian kegiatan Lomba Pekerja Konstruksi 2017 Tingkat Daerah.


Mekanisme kegiatan dimulai dengan penjaringan peserta lomba untuk 5 jenis cabang, yaitu batu bata, keramik, besi, plambing dan listrik pada 25 September 2017 sampai dengan 5 Oktober 2017, dilanjutkan pelaksanaan lomba pada 17 Oktober 2017, dan pengumuman hasil lomba pada 18 Oktober 2017.

Setiap cabang lomba diampu oleh 3 (tiga) orang Juri yang ahli dan kompeten dibidangnya, memiliki sertifikat Asesor bidang Konstruksi dan/atau sertifikat Training of Trainer instruktur bidang konstruksi yang berasal dari unsur Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi DIY, Asosiasi Badan Usaha sektor konstruksi, Asosiasi Jasa Profesi sektor konstruksi, Praktisi Ahli Konstruksi, dan institusi pendidikan.


Tim Pelaksana Acara menyediakan penghargaan untuk pemenang masing-masing cabang, yaitu hadiah uang senilai Rp. 1.000.000, bagi juara 1, Rp. 750.000, bagi juara 2, Rp. 500.000, bagi juara 3 beserta piala trophy, Sertifikat Juara, serta hadiah dari partisipan untuk masing-masing juara.


Acara di laksanakan di Plaza dan Aula Informasi Lt 1 Gedung Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) DIY, Jalan Kenari 14 A, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA – SKPD) Balai PIPBPJK Dinas PUP Dan ESDM DIY Nomor : 15/DPA/2017 tanggal 29 Desember 2016.

Penulis: Devi Erhma


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE