• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
IDE NEKAD, PETANI DIDORONG KE ARAH KORPORASI

IDE NEKAD, PETANI DIDORONG KE ARAH KORPORASI

Infogunungkidul, Rabu Kliwon-Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar petani sejahtera. Tetapi kalau pola lama masih dipakai, Presiden menilai, sampai kapan pun petani tidak akan sejahtera. Menurutnya, petani harus didorong ke arah budidaya on-farm menyatu dengan of-farm dalam wadah besar bernama korporasi.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjabarkan on-farm disatukan dengan of-farm merupakan jalan keluar untuk meningkatkan keuntungan petani.

Fakta lapangan, dalam hal tanaman padi, demikian Amran menjabarkan, saat ini petani tercengkeram banyak hal: tidak bisa membuat benih unggul, tidak bisa membuat pupuk, alat pertanian, alat pengepakan produk untuk dipasarkan.

Terobosan yang ditempuh, dari hulu hingga hilir dalam hal cocok tanam padi harus ditangani petani bukan terpenggal-penggal seperti sekarang. Menjabarkan pikiran Presiden, tujuannya cukup jelas, supaya keuntungan yang diperoleh petani lebih besar.

Oleh sebab itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan, kelompok tani yang kecil-kecil harus bergabung membentuk korporasi petani. Konon pemerintah telah menyiapkan dana untuk korporasi tersebut.

“Kementrian Pertanian akan memberikan bantuan berupa mesin penggilingan padi atau rice milling unit  (RMU) secara gratis  4.000 unit,” ujar Amran tanpa menyebut, kapan kebijakan tersebut direalisasikan.

Kebijakan di atas tergolong nekad, karena pengelolaan korporasi petani berbau kapitalime. Penerapannya belum tentu 10 tahun bisa berjalan, mengingat faktor sumber daya manusia petani belum memadai.

Penulis: Bambang Wahyu Widayadi


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE