• Rabu, 18 Juli 2018
  • LOGIN
Ratusan Telinga Siswa Ditemukan Penuh Kotoran

Ratusan Telinga Siswa Ditemukan Penuh Kotoran

Infogunungkidul, NGILPAR, Kamis Legi-Ketua Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komda PGPKT) dr. Dewi Ima menemukan ratusan telinga siswa SD mengalami gangguan serius. Dalam telinga mereka diketahui ada rumen, seranga dan biji kapas.

Hal di atas terungkap dalam kegiatan bakti sosial di SDN 1 Nglipar serta SDN 1 Paliyan dalam rangka bakti sosial Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017.

Tim bakti sosial memeriksa 142 siswa di SDN 1 Nglipar. Ditemukan 90%  lebih sumbatan di telinga berupa kotoran yang lazim disebut serumen.

“Juga ditemukan dua siswa yang di telinga mereka terdapat benda asing berupa serangga dan biji kapas,” ujar dr. Ima, (1/11).

Ima Dewi sekjen IDI Kabupaten Gunungkidul menambahkan,  kegiata bakti sosial tersebut dalam rangkaian HKN sekaligus ulang tahun IDI.

Khusus bersih-bersih telinga disentralkan di SDN 1 Nglipar dan SDN 1 Paliyan. Sementara di rumah singgah panti asuhan Yayasan Mata Hati Paliyan tim baksos memeriksa pendengaran 50 warga usia 60 ke atas.

“Manakala ditemukan ada gangguan fungsi pendengaran, ditindaklanjuti dengan pemeriksaan audiometri, jika ada dugaan ketulian, diberikan alat bantu dengar,” kata dia.

Kepada siswa SD, Ima menyarankan untuk tidak biasa membersihkan telinga dengan kapas atau benda lain.

“Itu berbahaya. Kotoran semakin terdorong ke dalam, menumpuk, mengganggu pendengaran,” imbuhnya.

Dia menyarankan, 6 bulan sekali telinga diperiksakan ke dokter THT atau  puskesmas terdekat.

Reporter: W. Joko Narendro


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE