• Kamis, 15 November 2018
  • LOGIN
Bayang-Bayang Kakek Jubah Putih Nonton Upacara Kuras Gentong Kyai Sobo

Bayang-Bayang Kakek Jubah Putih Nonton Upacara Kuras Gentong Kyai Sobo

Infogunungkidul, NGLIPAR, Jumat Wage – Upacara Kuras Gentong Kyai Sobo, dilakukan di Rumah Budaya Padukuhan Pengkol, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar 1 Muharam 2017 silam. Ketika difoto muncul bayang-bayang aneh. Hal tersebut disadari ketika foto diikutsertakankan dalam lomba  pesona geopark Gunung Sewu tingkat kabupaten Oktober lalu.

Bayang-bayang terlihat ketika gambar diteliti satu persatu. Sosok lelaki tua  mengenakan jubah putih berdiri di belakang anak kecil yang sedang melihat upacara kuras gentong.

Fotografer Ahmad Aminuddin dan tim juri dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pun tidak menyadari adanya bayang-bayang kakek tua tersebut.

Suyanto, Amd, ketua panitia acara gerebek Suro, kuras Gentong Kyai Sobo ketika dikonfirmasi mengatakan, kala itu tidak ada orang yang berjubah putih.

"Yang datang saat kuras gentong rata-rata mengenakan pakaian jawa atau batik," ucap Suyanto, (10/11).

Purnomo Sumardanto, Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul sekaligus Panitia Lomba foto Geopark Gunung Sewu juga tidak menyadari hal itu.

"Saya tidak melihat sosok aneh tersebut. Kriteria umum foto Geopark Gunung Sewu harus ada hubungannya dengan pariwisata,  land scape, kegiatan wisatawan, kegiatan budaya," jelasnya.

Lomba yang diadakan bulan Oktober 2017, foto Kuras Gentong Kyai Sobo masuk juara 2 dari 400 foto yang dilombakan.

Reporter: W Joko. N

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE