• Senin, 24 September 2018
  • LOGIN
Tiga Murid Cekcok Hebat, Pak Guru Tenang-Tenang

Tiga Murid Cekcok Hebat, Pak Guru Tenang-Tenang

Infogunungkidul, PATUK, Senin Legi - Warga Nahdiyin Kacamatan Patuk, semalam Minggu (26/11) melakukan semaan Al Quran dan Mujahadah, di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. KH Bardan dari Bansari, Kepek, Wonosari, di depam 1.000 jamaah, dalam pengajian selama 51 menit, bertutur soal tiga orang murid yang cekcok, sementara guru mereka melihat dengan tenang.

Tiga orang murid beselisih paham soal gejala alam, yang masing-masing berbeda tempat. Dinalar dengan pikiran sehat, cerita mereka tidak masuk akal.

“Ketika saya berkunjung ke Sumatera, saya melihat buah pisang sebesar pohon kelapa,” ujar murid pertama.

Murid kedua menyangkal, tidak percaya atas cerita tersebut. Dia menganggap itu isapan jempol alias hoax atau bohong. Mengimbangi bualan murid pertama, dia bilang, di Irian Jaya, saya melihat wajan (penggorengan) seluas lapangan.

Murid ketiga geleng-geleng seraya membantah, tidak mungkin ada wajan seluas itu. Tidak mau kalah, bualan murid ketiga lebih gila dan lebih tidak masuk akal.

“Jakarta, sebagai pusat peradaban ada bayi lahir mulutnya selebar daun pintu,” papar murid ketiga.

Mereka berbantah, saling menyangkal seru mempertahankan kebenaran cerita masing-masing. Selang beberpa saat, guru ketiga murid itu menghampiri mereka.

“Semua itu benar nak. Wajan seluas lapangan gunanya untuk menggoreng pisang sebesar ponon kelapa,” ujar sang guru kalem.

Kalau tidak ada bayi bermulut selebar pintu, lanjut sang guru, adalah mubazir, karena buah pisang sepohon kelapa yang telah tergoreng tidak ada yang makan.

KH Bardan dalam kesimpulannya menyakinkan jamaah, di zaman yang makin mendekati akhir, seorang guru harus berwawasan luas. Guru, menurutnya harus memberi pecerahan ilmu kepada murid.

Mengutip pikiran Imam Al Ghazali, guru harus menjadi orang yang berilmu. Rojulun Yadri wa Yadri Annahu YadriDiterjemahkan secara bebas, guru adalah seseorang yang tahu, dan dia tahu, bahwa dirinya tahu.

Reporter: Agung Sedayu


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE