• Senin, 24 September 2018
  • LOGIN
Terunik Terpopuler Goa Jomblang Geser Raja Ampat

Terunik Terpopuler Goa Jomblang Geser Raja Ampat

Infogunungkidul, WONOSARI, Selasa Pahing--Dua destinasi wisata Gunungkidul yakni Goa Jomblang berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu dan Pantai Wediombo, Jepitu, Kecamatan Girisubo mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017. Goa Jomblang meraih juara 1 obyek wisata terunik terpopuler, sedangkan Pantai Wediombo menjadi juara II tempat berselancar terpopuler.

Di DIY ada 7 obyek wisata yang mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2017. Tebing Breksi, Wanawisata Budaya Mataram, Kampung Wisata Mangunan di Kabupaten Bantul, Pasar Beringharjo Yogyakarta, serta Kalibiru Kulon Progo.

Hebatnya, semua kabupaten/kota di DIY berhasil mengirimkan setidaknya satu tempat wisatanya masuk ke dalam tiga besar dari tujuh kategori yang diraih. Secara umum, DI Yogyakarta hanya berbeda satu raihan dari Riau yang menjadi juara umum dalam ajang API 2017 ini.

Bahkan, capaian DIY dan Riau sama-sama tujuh penghargaan jika tidak menghitung penghargaan juara umum yang diraih Riau. Meski begitu, geliat wisata kedua provinsi itu memang terbilang ciamik sepanjang tahun ini.

Setidaknya, tempat-tempat wisata dari dua provinsi itu memang paling banyak dibicarakan di media sosial. Baik DIY maupun Riau, sukses menggeser perbincangan media sosial yang tadinya fokus ke Raja Ampat dan Lombok.

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, A Harry Sukmono Program Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 diselenggarakan oleh www.jalanjalan.com bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata. Untuk Gunungkidul sendiri, Goa Jomblang  meraih juara satu kategori wisata unik terpopuler se- Nusantara.

"Goa ini merupakan satu di antara 500 goa yang ada di kawasan pengunungan karst yang mempunyai mulut gua vertikal dengan jarak antara bibir gua dengan dasarnya bervariasi, paling dalam sekitar 80 meter,"kata Harry Sukmono,  Senin, (27/11).

Butuh kemampuan Single Rope Technique (SRT) untuk memasuki gua ini. SRT merupakan teknik baku yang digunakan untuk menuruni gua vertikal dengan memakai satu tali sebagai lintasan. Tali inilah yang dipakai untuk jalan menaiki dan menuruni tempat yang vertikal dengan didampingi oleh pemandu profesional bersertifikat.

"Di dasar goa Jomblang juga masih terdapat vegetasi tumbuhan masa lampau yang masih hidup sampai sekarang," tambahnya. 

Lebih detail Harry Sukmono menerangkan, Adanya lorong sungai bawah tanah. pengunjung akan dapat melihat sinar matahari dari dasar gua yang sering disebut ‘Cahaya surga’ atau The Ray of Light (red-julukan yang diberikan wisatawan mancanegara), saat masuk Goa Jomblang sekitar pukul 11.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Saat di dasar Goa Jomblang, pengunjung akan disuguhi beragam jenis lumut, semak belukar, paku-pakuan, dan pohon-pohon besar berpadu menyajikan pemandangan hutan hijau yang subur. Dan hutan inilah yang disebut hutan purba, suatu pesona alami membuat wisatawan melupakan ketegangan dan kendala saat menuruni goa ini.

Hal yang tak kalah membanggakan adalah destinasi wisata Pantai Wediombo telah berhasil memperoleh juara II kategori tempat berselancar terpopuler se-Indonesia.

“Di Pantai inilah para pemburu ombak akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih, gugusan karang yang masih alami, dengan tipe ombak yang cenderung stabil, sehingga mereka dapat berselancar dengan sangat menyenangkan, " bebernya. 

Pantai Wediombo merupakan satu-satunya pantai yang menghadap ke barat berbentuk menyerupai teluk dikelilingi bukit karang nan indah. 

"Para peselancar dapat berselancar sembari menikmati senja yang sangat mempesona. Di pantai inilah pengunjung dapat surfing dan snorkeling, " terang Harry. 

Sementara itu, Badingah, Bupati Gunungkidul mengaku sangat bahagia atas anugerah yang di peroleh Gunungkidul. 

"Terimakasih kepada semua pihak,khususnya masyarakat Gunungkidul yang telah ikut ambil bagian dan berperan serta dalam mengembangkan destinasi pariwisata di Gunungkidul sehingga bisa mendapat juwara dalam Anugerah Pesona Indonesia 2017," ucapnya. 

Reporter: Gaib WP


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE