• Senin, 10 Desember 2018
  • LOGIN
Mendesak ! Pengungsi Klayar Butuh Distribusi Pangan dan Obat

Mendesak ! Pengungsi Klayar Butuh Distribusi Pangan dan Obat

Infogunungkidul, NGLIPAR, Rabu Pon--Warga 6 RT yang tinggal di Padukuhan Klayar, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar hampir semua terisolir. Satu rumah warga hilang terbawa arus, jembatan baru yang belum lama dibangun hancur. Bantuan belum ada yang datang pengungsi kondisinya mulai drop.

Diterangkan Dukuh Klayar, Tejo Suprapto, bahwa mulai kemarin hampir semua RT yang berada di wilayahnya terendam banjir. Ada 80 rumah warga terendam dan rusak terseret derasnya luapan banjir bandang Sungai Oya. Selain itu ada  satu rumah Samidin 50, warga RT 06/10 Dusun Klayar bahkan hilang terbawa air.

"Sungai Oya  yang melintas berkelok-kelok di wilayah Padukuhan Klayar membuat hampir semua RT terisolir, karena ketinggian air mencapai tiga meter," jelasnya, Rabu, (29/11).

Lebih lanjut Tejo menjelaskan, untuk sementara para pengungsi ditampung 5 titik tempat pengungsian yang aman. Sampai saat ini belum ada bantuan yang masuk, padahal para pengungsi sangat membutuhkan bantuan pangan.

"Karena kita tidak menyangka kalau air begitu cepat merendam rumah, sehingga bahan pangan semua ikut terendam banjir, tidak sempat menyelamatkan sedikit pun," lanjut Tejo.

Akses listrik pun padam karena banyak jaringan yang  putus, akibatnya jalur komunikasi juga sulit. Yang dibutuhkan sangat mendesak adalah bantuan logistik, karena dari kemarin warga tidak ada persiapan bahan makanan. 

“Selain itu, warga butuh obat-obatan, karena cuaca yang dingin sehingga kondisi pengungsi sudah mulai drop secara kesehatan,” pungkasnya.

Selain itu, lanjutnya, jembatan penghubung poros Nglebak, Nglipar – Sokoliman, Karangmojo yang baru selesai awal tahun 2017 hancur total. Jembatan hampir putus, tidak bisa dilalui sepeda motor/mobil hanya bisa diakses dengan jalan kaki.

Reporter: W Joko Narendro


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE