• Rabu, 17 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Durian Lokal Milik Paijo Primadona Diajang Festifal Gogor Park

Durian Lokal Milik Paijo Primadona Diajang Festifal Gogor Park


Infogunungkidul, PATUK, Senin Pon-Jenis durian lokal Patuk menjadi primadona diajang festifal durian Gogor Park, di Dusun Ngasem Ayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Minggu, (3/12). Hal ini terbukti dengan dinobatkannya durian milik Paijo, warga Desa Ngandong, Patuk, menjadi juwara 1 kontes durian dengan skor tertinggi yakni 238.

Subarno, ketua Pokdarwis desa Salam sekaligus ketua panitia kegiatan mengatakan, festival durian digelar sejak Jum’at hingga Minggu (1-3/12) merupakan tahun ketiga dan ini terlihat paling meriah. Durian milik Paijo berhasil menyisihkan 20 petani durian unggul lokal yang mengikuti lomba.
"Atas keberhasilanya Paijo berhak menerima uang pembinana sebesar 2,5 juta, tropi dan juga sertifikaf," jelas Subarno.
Kencana Rukmi durian milik Tumijan warga Trosari, Patuk berhasil meraih unggulan kedua, sedang unggulan ketiga ditempati petani durian dari luar Gunungkidul yakni Nunung dari Banguntapan, Bantul dengan jenis durian Fasritas Montong. 
 
Festival diadakan sebagai bentuk mensinergikan potensi lokal dan tempat pariwisata baru di Kecamatan Patuk yaitu taman bunga matahari, sehingga bisa mendongkrak Gunungkidul menjadi lebih dikenal dengan beragam keunikan jenis wisatanya.
 
Adapun aspek penilaian untuk kontes durian mencakup berat dan bentuk buah, tingkat kecacatan fisik, tingkat kemasakan, kesegaran buah, ketebalan daging, rasa, warna daging, hingga kekerasan daging. 
 
Barno menambahkan, selain kontes durian, dalam festifal kali ini juga dilakukan lelang durian. Adapun jenis durian yang berhasil dilelang dengan harga tertinggi yakni jenis durian lokal Patuk dengan harga lelang 125 ribu. 
 
Pada kesempatan yang sama, Haryo Ambar Suwardi, Camat Patuk menyampaikan, durian unggulan nantinya akan dibudidayakan di beberapa wilayah Gunungkidul, dan memiliki sertifikasi hingga ke depan tidak dapat diklaim durian hasil daerah luar Kabupaten Gunungkidul. 
"Pembudidayaan itu juga sekaligus untuk meningkatkan pendapatan para petani durian di Kabupaten Gunungkidul, dan kualitas hasil panen tidak kalah dengan durian daerah lain di luar Gunungkidul," tutupnya. 
Reporter: Gaib WP

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE