• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
KURSI KETUA DPR TAK BERTUAN

KURSI KETUA DPR TAK BERTUAN

Infogunungkidul, WONOSARI, Senin Pon–Lembaga negara yang dianggap terhormat  (DPR-RI) akhir tahun 2017 kehilangan nahkoda. Setya Novanto tersandung hukum. Pubik tersinggung, tetapi tidak bisa berbuat banyak. Rakyat diberi kewenangan memilih, tetapi tidak diberi hak menarik dukungan.

Sementra elit politik menampilkan tontonan menarik, lucu bahkan konyol. Tidak bisa lain, pemirsa dibuat ngakak seraya menggerutu.

“Tahu kayak begini tahun 2014 tidak perlu jari manis dicelup ke tinta ungu,” sesal anonim (2/12).   

Dunia politik sebagian dihuni orang-orang gila. Digambarkan, seseorang sedang tidur nyenyak, mendadak datang orang lain membawa alat musik jenis gendang.

Tidak merasa bersalah, gendang tersebut ditabuh keras-keras. Orang yang tidur nyenyak terbangun. Eloknya tidak tersinggung dan tidak marah, dia malah berjoget mengikuti irama gendang.

“Betapa menyenangkan hidup di peradaban orang-orang gila,” kata anonim.

Terjadi pemandangan yang sama, tetapi lain lokasi. Seseorang makan kacang, kulitnya disebar di halaman rumah tetangga.

Tahu halaman dikotori, pemilik rumah mengambil sapu, dia membersihkannya sambil menari diringi musik dangdut. Disebar lagi dan dibersihkan lagi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang.

Enak betul kebudayaan orang-orang gila. Betapa nyaman, satu dengan yang lain begitu bersahabat.

Diketahui, penabuh gendang dan penari, pemakan kacang, dan penyapu halaman, sore hari di-OTT KPK. Mereka mengenakan rompi oranye. Tak ada ekspresi bersalah, mereka ketawa-ketawa, terlihat sangat bangga, tangan pun melambai ke kamera.  

Setya Novanto agak berbeda. Gerak tubuh lemah, wajah murung, naik kursi roda. Novanto tidak vulgar. Di atas tangan kursi roda, jari telunjuknya bergerak pelan, seperti ingin menyapa.

Siapa yang disapa? Sebagian besar pemilihnya telah berpaling. karena tidak mau disebut sebagai rombongan orang gila. Apakah Novanto masih memiliki kebahagiaan? Novanto masih punya syahwat menduduki kursi Ketua DPR?

Penulis: Bambang Wahyu Widayadi


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE