• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Bidik Wisata Air, Pemdes Pulutan Garap Dam Banon

Bidik Wisata Air, Pemdes Pulutan Garap Dam Banon

Infogunungkidul, WONOSARI, Selasa Wage--Pemerintah Desa (Pemdes) Pulutan, Kecamatan Wonosari membidik bantaran sungai untuk dijadikan rintisan destinasi wisata air. Tahap awal Dana Desa (DD) sebesar Rp 207 juta siap digelontorkan untuk pembangunan Dam Banon.

 
Kepala Desa (Kades) Pulutan Tri Untaro menyampaikan, pemanfaatan sungai, yang melintas di Padukuhan Butuh, Pulutan, dan Karangasem dijadikan obyek wisata merupakan gagasan kreatif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat desa.
"Letak sungai menurut kami sangat strategis, nantinya dengan kita bendung airnya serta penataan yang baik akan menjadi wajah Pulutan dimasa mendatang," ungkapnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, rintisan pembangunan dam Banon saat ini sudah mulai dilaksanakan. Dalam penataan awal sepanjang bantaran sungai bagian tepinya ditalut tinggi sehingga airnya diharapkan bisa bertahan lama tidak cepat surut dimusim kemarau.
 
Dalam perencanaannya dam Banon Pulutan akan dilengkapi jembatan jaring penguji adrenalin dan ketangkasan, taman hijau rindang nan asri serta gazebo-gazebo tertata rapi, tidak terkecuali jajanan kuliner tradisional asli Pulutan pasti tersedia.
"Ini perlu keseriusan dan dukungan penuh seluruh warga masyarakat Pulutan, mimpi kita akan terwujud sepanjang satu visi satu misi," tegasnya.
Pelaksanaan pembangunan dam Banon untuk mewujudkan wajah baru Pulutan tidak bisa serta merta sekali selesai. Tahap pembangunannya di sesuaikan kemampuan anggaran APBDes secara berkala.
"Nantinya sepanjang bendungan juga kita tebar benih ikan, kelak bila hanya cari kuliner bakar ikan spesial cukup datang ke Pulutan," pungkasnya.
Reporter: Agus SW_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE