• Minggu, 18 November 2018
  • LOGIN
RSUD Wonosari Terbakar, 3 Dilaporkan Meninggal

RSUD Wonosari Terbakar, 3 Dilaporkan Meninggal

Infogunungkidul, WONOSARI, Kamis Legi--Ketenangan RSUD Wonosari pagi ini, Kamis (07/12) mendadak gempar. Diawali adanya goncangan gempa bumi hingga membuat pengunjung berhamburan, petugas medis sibuk mengevakuasi pasien, tiba-tiba disusul kebakaran yang terjadi di Ruang Dahlia. Dimana tempat para pasien rumah dirawat inap, sehingga puluhan korban terlukadan korban meninggal ada tiga orang.

"Gempa bumi dan disusul kebakaran di Ruang Dahlia, tercatat 20 korban terluka, tiga diantaranya meninggal dunia," kata drg. Heru Sulistyowati, Direktur RSUD Wonosari.

Dijelaskanya, dari 17 korban yang teridentifikasi, korban luka berat 5 orang, luka sedang 7 orang dan luka ringan 5 orang. Pasien sampai saat ini sudah terselamatkan dan ditangani sesuai prosedur standart penanganan pasien.

 “Ada beberapa pasien yang dirujuk ke RS lain, karena peralatan di RSUD Wonosari kurang memadai." tambahnya.

Kejadian yang membuat panik semua pasien dan pengunjung tersebut merupakan gambaran simulasi bencana yang dilakukan oleh RSUD Wonosari. Simulasi dilakukan karena menurut drg Heru, RSUD Wonosari masuk wilayah level satu untuk terjadinya bencana, baik gempa bumi maupun bencana kebakaran.

"Di rumah sakit itu banyak instalasi listrik, dan bahan-bahan kimia, sehingga rawan sekali terjadinya kebakaran," ungkapnya.

Oleh karena itu RSUD Wonosari setiap tahun sekali melakukan simulasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana. Dalam simulasi tahun 2015, waktu itu terjadi kebakaran diruang laboratorium, kemudian tahun 2016 dan sekarang ditahun 2017, bencana gempa bumi dan kebakaran di Ruang Dahlia.

Reporter: W. Joko Narendro_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE