• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
MUNASLUB GOLKAR, MENUNGGU PEMIMPIN DUAKAKI

MUNASLUB GOLKAR, MENUNGGU PEMIMPIN DUAKAKI

Infogunungkidul, WONISARI, Minggu Wage, -  Tahun politik 2018/2019, institusi parpol punya pekerjaan besar  membangun negara untuk lima tahun ke depan 2023/2024. Perkembangan terkini, Partai Golkar mencari  kader terbaik, untuk bertahan di dua kaki, sementara komitmen terhadap pemberantasan korupsi bukan prioritas.

Tidak bisa dipungkiri, institusi parpol, di masa lalu banyak mengusung calon penguasa yang secara moral tidak berkualitas. Bukti sangat mencukupi, tidak sedikit Gubernur, Bupati, Ketua DPRD, menteri negara tersangung persoalan hukum (korupsi).  

Sebelum kader dipajang di etalase nasional, secara internal parpol melakukan seleksi. Contoh terkini Partai Golkar pertengahan desember 2017 bakal melaksanakan musyawarah nasinonal luar biasa untuk memilih Ketua Umum, menggantikan Setya Novanto.

Banyak nama dimunculkan (digadang) memimpin partai berlambang beringin antara lain Airlangga Hartarto, Azis Syamsudin, Idrus Marham, Siti Hediati Soeharto, dan lain sebagainya.

Suara yang menguat di kalangan politisi Golkar, Ketum pengganti Novanto harus memiliki komitmen, tetap mendukung Joko Widodo sebagai cawapres 2019.

Calon paling kuat ada di pihak Airlangga Hartarto. Alasan pertama dia saat ini menteri negara. Alasan kedua secara terbuka, Airlangga menyatakan mendukung kepemimpinan Jokowi hingga 2024.

Secara politis, Airlangga Hartarto memenuhi syarat yang ditetapakan partai. Tetapi karena pemilihan Ketum dilakukan secara kompetitif di bilik suara, pemenangya bisa berbeda.

Siapa pun Ketum Golkar, sangat mewarnai kualitas kader di jajaran bawah. Tugas berat Ketua Umum adalah melahirkan pemimpin yang tidak sebatas ahli berdiri di dua kaki, demi kekuasaan, tetapi juga menyiapkan kader yang berkomitmen tidak melakukan korupsi.

Hal yang disebut kedua tidak menjadi syarat dalam pemilihan Ketua Umum Golkar, setelah Novanto.

Penulis: Bambang Wahyu Widyadi  


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE