• Rabu, 12 Desember 2018
  • LOGIN
Festival Dhaksinarga, Upaya Gunungkidul Bangkit Pasca Bencana

Festival Dhaksinarga, Upaya Gunungkidul Bangkit Pasca Bencana

Infogunungkidul, PLAYEN, Minggu Wage—Gunungkidul Bangkit, demikian tema yang diambil Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dalam memulihkan situasi masyarakat dari trauma akibat amukan bencana. Mulai dari Festival Musik Ethnik, Festival Musik Jazz, Festival Campursari hingga puncaknya besok pada 16 Desember 2017 bakal digelar parade kirab budaya yang diikuti ribuan seniman.

Diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Drs Agus Kamtono yang didampingi Ketua Dewan Kebudayaan CB Supriyanto S.IP, Festival Dhaksinarga 2017 sengaja digelar untuk membangkitkan warga dari trauma pasca bencana.

“Rencana awalnya di Alun-Alun Pemda Gunungkidul, namun karena kurang memungkinkan maka kita pindah di Lapangan Desa Gading, Kecamatan Playen ini. Berlangsung sejak 8 Desember hingga nanti malam pukul 24.00 WIB,” jelas Agus.

Festival Musik Ethnik dan Festival Musik Jazz sudah dilangsungkan dua malam berturut-turut. Hari ini, Minggu (10/12) giliran Festival Musik Campursari yang digelar. Beberapa group campursari kondang seperti CSGK Playen, CS Laras Karangmojo, CS Guntur Madu, CS Sangga Buana Karanganyar, CS Kecubung Gadung Nglipar serta CS Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) dari Jakarta bergantian tampil diatas panggung.

Bahkan CS IKG dibawah asuhan Drs Eddy Sukirman (Ketua umum IKG) jauh-jauh datang dari Jakarta memboyong beberapa artis untuk pentas. Icha bintang D’Academy 3 sengaja diboyong untuk manggung dan menampilkan MC ibukota, Harno dan Kikil yang mengocok perut penonton.

“Gunungkidul harus bangkit, badai sudah berlalu dan saatnya berbenah memperbaiki diri. Obyek wisata tidak banyak terpengaruh bencana kemarin, jadi silahkan datang lagi berwisata kesini,” tegas Eddy Sukirman.

Sebagai pamungkas gelaran Festival Dhaksinarga, Dinas Kebudayaan bakal menggelar parade kirab budaya yang diikuti 2500 seniman pada 16 Desember 2017. Acara dijamin bakal menarik lantaran sejak pertigaan Kranon hingga Alun-Alun Pemda Gunungkidul ribuan seniman akan atraksi. Untuk itu kemungkinan besar arus lalu lintas dialihkan melewati jalur yang lain.

Gaib Wisnu Prasetya_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE