• Jumat, 19 Oktober 2018
  • LOGIN
Tikus Mengamuk, Belasan Hektar Lahan Pertanian Jadi Korban

Tikus Mengamuk, Belasan Hektar Lahan Pertanian Jadi Korban

Infogunungkidul, PANGGANG, Rabu Pahing, — Bermacam komoditas tanaman pertanian di wilayah Kecamatan Panggang diserang tikus. Hal ini cukup meresahkan para petani, tanaman yang sudah mulai berbuah menjadi rusak dimakan tikus hingga mengancam gagal panen. 

Tikus menyerang tanaman palawija milik warga di ladang maupun yang ditanam di kebun kayu putih milik Dinas Kehutanan seluas kurang lebih 36 Ha. Selain itu tanaman di tanah pelungguh, tanah kas Desa maupun pribadi juga menjadi sasaran hewan pengerat ini.  

Menurut Kapolsek Panggang AKP Tri Wibowo, SH, Alas Mbenggolo, Padukuhan Panggang l, Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang adalah kawasan yang mengalami amukan hama tikus.

"Tikus-tikus itu memangsa tanaman palawija berupa jagung, ketela, ubi dan lain sebagainya. Hal ini sangat merugikan para petani,"ucapnya Selasa, (12/12).

Disisi lain Tri Wibowo menjelaskan, amukan tikus itu tak hanya terjadi sehari dua hari, namun sudah berlangsung agak lama. Pesatnya populasi tikus di lahan pertanian membuat luasan areal yang diserang kian hari semakin bertambah.

"Setelah kami amati,tikus memang sudah beberapa bulan memangsa tanaman dan hasil pertanian, sehingga dampaknya telah meluas,"tambahnya. 

Dengan adanya laporan ke pemerintah, Polsek Panggang bersama BPP (Balai Pertanian dan Perkebunan) Panggang bergerak untuk membasmi amukan ini. Aparat Polsek bersama BPP membagikan obat pembasmi tikus berupa Rodentisitas Petrokum RMB kepada petani. Harapannya dengan obat pembasmi hama ini, ribuan tikus yang selama ini mengamuk di lahan pertanian bisa dibasmi.

Reporter: W Joko Narendro_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE