• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Turut Tingkatkan PAD, Pelaku Usaha Mendapat Penghargaan Bupati

Turut Tingkatkan PAD, Pelaku Usaha Mendapat Penghargaan Bupati

Infogunungkidul, WONOSARI, Selasa Pon, - Sejumlah 12 pelaku usaha yang terdiri dari restoran, hotel, tempat hiburan, hingga parkir mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Selasa, (19/12). Penghargaan disampaikan langsung Hj Badingah S.Sos di Bangsal Sewokoprojo, atas tertibnya pelaku usaha dalam membayar pajak daerah, sehingga turut memajukan, dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.Sos mengatakan, pemberian penghargaan kepada sejumlah pelaku wajib pajak diharapkan mampu memotivasi wajib pajak lain untuk lebih meningkatkan pendapatan, dan lebih tertib membayar pajak.  Dengan demikian tentu akan berpengaruh terhadap PAD yang semakin tinggi, sehingga program pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat Gunungkidul akan lebih meningkat. Hal ini akan mendorong kemandirian pembangunan daerah, pelayanan publik akan jauh lebih baik.

"Sehingga Gunungkidul mampu bersaing dengan daerah lain," ujarnya. 

Adapun pelaku usaha bidang perhotelan, penyetor pajak terbesar yakni Hotel Queen Of The South dengan besaran pajak Rp 217 juta, Wisma Joglo sebesar Rp 23 juta, dan Calida Hotel sebesar Rp 13 juta. 

Untuk penyetor pajak kategori restoran diantaranya Warung Makan Spesial Sambal sebesar Rp 32 juta, Warung Lesehan Pari Gogo Rp 14 juta , dan Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo sebesar Rp 10 juta. 

Selanjutnya, penghargaan juga diberikan pada tempat hiburan wajib pajak Water Byur Ponjong yang telah membayar pajak sebesar  Rp 12 juta, Bintang Karya Mandiri Rp 3 juta, dan tempat hiburan malam Karaoke X-One Rp 2 juta. 

Kategori tempat parkir diantaranya Pokdarwis Nglanggeran Rp 6,4 juta, Rumah Sakit Panti Rahayu Rp 2,9 juta, dan Pengelola Parkir Pantai Sepanjang sebesar Rp 7,5 juta. 

Menurut Bupati, momentum liburan seperti saat ini dapat juga mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor retribusi. Karena perayaan Hari Natal, dan Tahun Baru 2018, akan berimbas pada meningkatnya jumlah wisatawan di Gunungkidul. 

"Manfaatkan dengan maksimal moment liburan kali ini, selalu tingkatkan pelayanan terhadap pengunjung. Sehingga kita terus bisa meningkatkan pendapatan," tutupnya.

Reporter: W Joko Narendra_ig 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE