• Jumat, 20 Juli 2018
  • LOGIN
Antisipasi Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Pangan

Antisipasi Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Jaga Stabilitas Harga Pangan

Infogunungkidul, KARANGMOJO, Rabu Wage, - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah, khusus bidang ekonomi melakukan berbagai langkah, dan kebijakan, serta antisipasi untuk menjaga stabilitas pangan menghadapi Hari Raya Natal, dan tahun. 

 
Dipaparkan Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul dalam acara jumpa pers Rabu, (20//12), bahwa untuk mempersiapkan kelancaran natal, tahun baru dan liburan akhir tahun, Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul telah berkoordinasi, dan kerjasama dengan lintas sektoral, termasuk kesiapan di bidang ekonomi.
 
Bidang Ekonomi telah melakukan pemantauan yang dilaksanakan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Dari hasil pantauan, selama tahun 2017, komoditas yang memberikan andil inflasi terbesar, dan frekuensi berulang yang tinggi, (Volatile Food).
 
"Seperti bawang merah, cabe rawit merah, dan minyak goreng," paparnya.
 
Ketika dilakukan pemantauan oleh tim TPID Propinsi, dan TPID kabupaten, beberapa komoditas memang mengalami kenaikan. seperti beras IR 64, dan jenis mentik wangi, telor, cabe merah keriting, cabe rawit merah segar, cabe hijau serta beberapa hasil perikanan, namun demikian menurut Drajad Ruswandono, secara umum kondisi kenaikan masih terkendali, dan tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.
 
"Sehingga besaran inflasi Nasional 3,58% masih dibawah batas ambang batas kritis yaitu 5%," jelas Drajad.
 
Untuk mengendalikan inflasi lanjut Drajad, Pemerintah melakukan berbagai upaya diantaranya dengan melakukan operasi pasar, merevitalisasi kembali program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), oleh Dinas Pertanian dan Pangan. Kemudian meminta tambahan pasokan insidental LPG 3 kg, termasuk tambahan ditahun 2018 sebesar 20%, dan penguatan kelembagaan TPID sesuai Keppres No.23 tahun 2017.
 
 "Dengan demikian, secara umum ketersediaan bahan pangan tercukupi," tambahnya.
 
Ia berharap, kepada masyarakat agar tidak melakukan pembelian secara besar-besaran (Panic buying), sebagaimana lazim terjadi saat mendekati hari-hari besar, agar tidak menimbulkan gejolak harga yang berlebihan.
 
Reporter: W Joko Narendro_ig 


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE