• Rabu, 17 Januari 2018
  • LOGIN
  • Berlangganan Berita Terbaru invite BBM DCA2ADE9/ DD30B86C/ WA. 081904213283. Infogunungkidul, menerima tulisan/ berita opini dari pembaca sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik, tidak mengandung unsur sentimen SARA dan Provokatif terhadap kelompok tertentu. Kirimkan opini ke email: redaksi@infogunungkidul.com - "HYPNO THERAPY" Mengobati berbagai macam penyakit. Buka praktek hari: Rabu & Sabtu Jam: 08.00-16.00 Alamat praktek: Jl. Kyai Legi Kepek Wonosari Gunungkidul. Konsultasi & Pendaftaran hub. Lucy 08997722517.

Sejak Kapan Natal Diperingati, Ini Sejarahnya

Sejak Kapan Natal Diperingati, Ini Sejarahnya


Infogunungkidul, PLAYEN, Senin Wage--Hari Raya Natal untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus ternyata tidak dilaksanakan sejak kelahiran Sang Juru Selamat itu. Hal ini diungkapkan Romo Gregorius Awan Widyaka Pr kala memimpin Ekaristi peringatan Misa Natal di Gereja Santo Yusup, Bandung, Playen, Minggu malam (24/12).

“Dalam kitab suci tidak pernah disebutkan bahwa Yesus Kristus itu lahir pada tanggal 25 Desember. Sebab bunyinya seperti ini Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus Tuhan, di Kota Daud,” jelas Romo Awan.

Dengan kata lain, sambung Awan, jika ayat tersebut dibaca pada 17 Agustus maka pada hari itulah sang Juru Selamat lahir. Demikian juga jika dibaca pada hari-hari lainnya, sebab konteks dasar katanya adalah hari ini.

Lantas sejak kapan Natal diperingati sebagai hari lahirnya Yesus Kristus ?

“Sebelum tahun 300 Masehi belum ada itu peringatan Natal. Nah pada abad 3 itu pada 25 Desember ada penyembahan berhala yaitu Dewa Matahari. Lalu gereja berpikir untuk mengalihkan bagaimana caranya agar umat tidak menyembah berhala, tetapi menyembah Tuhan,” lanjutnya.

Lalu oleh pihak gereja maknanya diubah, dari awalnya 25 Desember pesta menyembah berhala menjadi menyembah Tuhan. Dan hingga saat ini diperingatilah 25 Desember sebagai Hari Natal untuk mengingat kelahiran Yesus Kristus Sang Juru Selamat.

Dalam peringatan Misa Natal di Gereja Santo Yusup, jemaat meluap hingga ke gerbang gereja. 1200 kursi yang disediakan panitia penuh sesak dengan jemaat. Akibatnya banyak jemaat yang tak kebagian kursi terpaksa mengikuti misa dengan berdiri ataupun duduk dengan menggelar tikar. Diperkirakan jemaat yang hadir lebih dari 2000 orang.

Gaib Wisnu Prasetya

INFO BISNIS

1. AHASS 693 WONOSARI HONDA SERVICE

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari Telp. (0274) 392266, HP. 087838272255

Melayani : Servis Gratis, Servis Ringan, Servis Berat, Press Porok, Press Body, Penjualan Spare Part Lengkap, Pemesanan Sparepart, Booking Servis dan Layanan Servis Antar Jemput. PROMO JANUARI !!! Service lengkap berhadiah Plas Chamois/Discount 15% Syarat ketentuan berlaku (Selama persediaan masih ada)

2. ESTETHIC SALON & BODY SPA

Jln. KH Agus Salim 113 Ledoksari Wonosari HP.081802711531, WA.081227706969

Melayani : Perawatan Rambut, Perawatan Badan (Free Totok Wajah) Khusus Wanita, Perawatan Wajah (Standar Skincare Tarif Pelajar),Konsultasi Kulit dan Healthy, Pengencangan Wajah, Tiruskan dan Rampingkan Pipi, Wajah, Leher, Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Operasi

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE