• Kamis, 19 Juli 2018
  • LOGIN
Sehati Dalam Keprihatinan, IKS Bangkitkan Semin Pasca Bencana

Sehati Dalam Keprihatinan, IKS Bangkitkan Semin Pasca Bencana

Infogunungkidul, SEMIN, Jumat Pon, - Dampak siklon tropis Cempaka akhir November 2017, membuat warga Kecamatan Semin berduka. Sungai Roso, Gobeh, Tahunan, Pangkah, dan Rejosari meluap hingga mengakibatkan rumah dan lahan pertanian disekitarnya rusak terendam banjir. Hal ini menimbulkan kerugian tidak sedikit bagi warga yang tinggal di Semin.

 

Ikatan Keluarga Semin (IKS) yang menjadi kepanjangan tangan Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) di perantauan bergerak. Di Jakarta, tak kurang dari 30.000 anggota IKS/Korcam IKG Semin menggalang dana untuk menyelamatkan sanak saudara di kampung halaman.

 

Menurut Aris Suprobo, Bendahara IKG sekaligus pembina IKS, dana yang dihimpun kemudian disalurkan kepada warga yang tertimpa musibah. Tak sekedar itu, IKS bergotong royong dengan warga untuk bedah rumah warga yang tak layak huni.

 

“Totalnya ada Rp 124 juta yang disalurkan langsung dalam beberapa tahap dan menyasar beberapa desa yang terdampak paling parah,” ungkapnya.

 

Dana sebanyak itu, sambung Sulardi, Ketua IKS disalurkan ke Karangsari, Kemejing, Rejosari, Bendung, Semin, Bulurejo, Sumberjo, Pundungsari hingga Karangsari. Sebab di desa-desa tersebut mendapatkan dampak terparah akibat banjir bandang.

 

“Wujud bantuannya banyak, ada uang tunai namun ada pula yang kita berikan dalam bentuk genset dan bermacam peralatan lain. Kita di IKS atau Korcam IKG Semin harus sehati dalam keprihatinan,” kata Sulardi.

 

Letak geografis Semin yang berbukit-bukit membuat dampak bencana di wilayah tersebut sangat terasa. Jalan putus lantaran tertutup longsor hingga listrik padam lantaran jaringannya rusak tertimpa pohon membuat beberapa dusun bak hidup di zaman purbakala. Genset yang dikirimkan IKS sangat berguna untuk membantu warga yang mendadak terasing dari kehidupan luar.

 

“Setelah dipetakan, beberapa genset kita kirim ke dusun-dusun yang ada di atas bukit agar tak gelap gulita. Setelah itu rumah-rumah yang rusak kita subsidi dana, lantas bergotong royong untuk membangun kembali rumahnya,” tambah Aris Suprobo.

 

Untuk menjamin agar bantuan yang disampaikan benar-benar tepat sasaran, IKS membentuk koordinator di masing-masing desa yang ada di Semin. Transparansi dikedepankan dengan menggandeng perangkat desa, babinsa dan bhabinkamtibmas dalam setiap penyerahan bantuan ataupun bakti sosial.

 

Gaib Wisnu Prasetya_ig


SUPPORTED BY :
INFO GUNUNGKIDUL BISNIS
TANAH DIJUAL


● Tanah pekarangan
Luas tanah : 1002 M2
Luas Bangunan (Rumah ) : 1002 m2
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik.
Harga 1,3 jt/m2

● Tanah Pekarangan
Luas tanah : 94 m2, Lebar 7m X13,5 m
Lokasi : Payak Wetan, Srimulyo, Piyungan Bantul (masuk dari Jl. Jogja wonosari 30 m, lebar depan 34 m, mobil/ truk masuk, dari Balai Desa Srimulyo 100 m)
Sertifikat Hak Milik
Harga 155 jt

TLP/WA : 0813-2747-5010

BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE