• Minggu, 21 Oktober 2018
  • LOGIN
Gunung Panggung Bengkah, Batu Besar Ancam Nyawa Warga Dibawahnya

Gunung Panggung Bengkah, Batu Besar Ancam Nyawa Warga Dibawahnya

Infogunungkidul, SEMIN, Sabtu Wage,- Hujan deras yang mengguyur akhir November 2017, membuat Gunung Panggung bengkah (merekah), dan mengancam banyak jiwa warga yang tinggal dibawahnya.

 

Gunung Panggung berada di perbatasan Pundungsari, Semin dengan Tambakromo, Ponjong serta sebelah timurnya Wonogiri, Jawa Tengah. 

 

“Dulu saat habis diguyur hujan itu retaknya memang tidak terlalu lebar. Namun dari hari ke hari rekahannya semakin melebar akibat sering diguyur hujan lebat,” kata Ngatino, pengurus IKS.

 

Lebih lanjut dijelaskan Ngatino, kondisi bengkahnya Gunung Panggung mengancam 8 kepala keluarga yang terdiri 34 jiwa yang tinggal dibawahnya. Retakan paling menonjol adalah di sebelah utara dan barat, jalan penghubung antara Pundungsari-Tambakromo juga putus.

 

“Setiap hujan turun, warga sudah tidak berani tidur. Sebab ada batu berdiameter lebih 3 meter siap menggulung rumah-rumah dibawahnya. Batu itu hanya berjarak dua ratusan meter dari pemukiman dengan kemiringan 45 derajat,” paparnya.

 

Disisi lain Sulardi, Ketua IKS atau Ikatan Keluarga Gunungkidul Korcam Semin membenarkan hal tersebut. Batu yang mengancam sebenarnya bisa dilongsorkan, namun tidak menggunakan alat berat ataupun diledakkan dengan dinamit.

 

“Jika menggunakan alat berat, khawatirnya malah akan membawa korban jiwa. Demikian juga jika diledakkan, pecahan batunya akan mengancam rumah maupun warga,” jelasnya.

 

Terkait permasalahan ini, pengurus IKS/Korcam IKG Kecamatan Semin ini berharap ada tindakan dari pemerintah untuk mengevakuasi batu yang mengancam nyawa tersebut.

Gaib Wisnu Prasetya_ig


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE