• Senin, 22 Oktober 2018
  • LOGIN
Malam Tahun Baru, Sat Lantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Titik Nol Kilometer

Malam Tahun Baru, Sat Lantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Titik Nol Kilometer

Infogunungkidul, WONOSARI, Minggu Kliwon, Jelang malam tahun baru 2018, Sat Lantas Polres Gunungkidul menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi pengendara yang melintas di jantung Kota Wonosari.

 

Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko, S.IK, Sabtu malam (30/12).

 

“Mulai pertigaan Kranon ke arah timur bakal ditutup sejak nanti sore, sedangkan dari arah timur arus kendaraan yang hendak ke Yogya diarahkan melewati Perempatan Tegalsari menuju ke Jalan Kyai Legi,” katanya.

 

Hal ini dilakukan lantaran diprediksi Titik Nol Kilometer atau kawasan Alun-Alun Kota Wonosari menjadi pusat berkumpulnya massa untuk merayakan malam pergantian tahun. Untuk itu Sat Lantas Polres Gunungkidul juga sudah menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan.

 

“Dari pertigaan Kranon ke timur kemudian Bundaran BRI ke selatan kita siapkan sebagai kantong parkir,” tambahnya.

 

Selain di titik Nol Kilometer, titik perhatian petugas adalah Hargo Dumilah sebagai gerbang masuknya arus lalu lintas dalam skala besar ke Gunungkidul. Meski di Gunung Api Purba Nglanggeran dan Batoer Hill juga ada keramaian pada malam tahun baru, kemungkinan tidak mengganggu arus lalu lintas dari dan menuju Yogya.

 

“Sudah kita koordinasikan dengan Polsek Piyungan, Bantul lantas Dukuh Plesedan dan Dukuh Patuk. Pada intinya jangan sampai ada titik-titik kendaraan parkir di bahu jalan yang ada di Hargodumilah.

 

Sedangkan untuk siang harinya, Sat Lantas juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di Pertigaan Mulo bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai.

 

“Bus besar kita arahkan lewat Pos TPR Induk Baron Utama. Titik pantau utama adalah tikungan seperti pertigaan arah Pantai Slili yang menyulitkan jika dilalui 2 bus berpapasan,” terang Mega.

 

Dengan adanya rekayasa lalu lintas, Kasat Lantas berharap tidak terjadi penumpukan kendaraan hingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas menuju dan dari obyek wisata pantai. Jika hal ini terwujud, maka tidak akan terjadi penumpukan kendaraan di sepanjang jalan pantai selatan Gunungkidul.

Gaib Wisnu Prasetya

 


BACA JUGA
  1. Isi komentar di luar tanggung jawab infogunungkidul.com
  2. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator sebagaimana diatur dalam UU ITE